Rhoma dan Iwan Fals saat tampil di Indosiar Munggu 12 Januari lalu. (Foto:Indosiar)

Perlu Waktu Bertahun-tahun Untuk Menduetkan Rhoma dan Iwan Fals

Feature 14 January 2020 16:58 WIB

Video Iwan Fals nyanyi bareng Rhoma Irama jadi viral dalam tiga hari ini. Kedua musisi besar Indonesia itu duet dalam acara HUT ke 25 tahun Indosiar, Minggu 12 Januari lalu.

Tiga lagu mereka bawakan bersama, setidak dalam video viral berdurasi 17,5 menit. Masing-masing berjudul Mirasanti (karya Rhoma), Buku Ini Aku Pinjam (Iwan Fals) dan Judi karya Rhoma. Meskipun di panggung Rhoma dan Iwan masing-masing membawa gitar, tapi di back-up orkestra lengkap.

Tetapi tidak banyak yang tahu untuk mempertemukan keduanya sepanggung, bukan pekerjaan yang gampang. Diperlukan waktu kurang lebih tiga tahun, sebelum keduanya akhirnya bersedia naik panggung berdua.

Setidaknya, itulah pengakuan seorang Executive Producer salah satu stasiun TV nasional, yang sejak beberapa beberapa tahun lalu sudah punya gagasan untuk  mempertemukan keduanya. “Sulitnya minta ampun,” kata Hasan Bisri, nama EP itu.

“Dalam kurun waktu tiga tahun itu saya melakukan beberapa kali pendekatan pada keduanya. Bahkan sempat mau minta bantuan Sawung Jabo, ketika Iwan dua kali membatalkan dengan alasan dia belum siap dan malu pada Rhoma,” cerita Hasan Bisri. Kerendahan hati Iwan Flas ini yang justru membuat Iwan tidak gampang sepanggung dengan Rhoma.  

“Tapi saya juga melihat, setiap Minggu Iwan menyanyikan lagu Soneta di rumahnya di Leuwinanggung. Makanya,  ketika Iwan mendadak bilang  gak siap,  saya bilang,  lagu yang  biasa dinyanyikan di rumah aja,”  cerita Hasan Bisri.

Hasan Bisri diapit Rhoma dan Iwan Fals sebelum kedua musisi itu tampil sepanggung hari Minggu 12 Januari lalu FotoIstimewaHasan Bisri diapit Rhoma dan Iwan Fals, sebelum kedua musisi itu tampil sepanggung hari Minggu 12 Januari lalu. (Foto:Istimewa)

Sementara Rhoma sendiri juga enggan  sepanggung dengan Iwan, juga karena kerendahan hatinya. “Suatu saat saya bertanya pada Rhoma, Bang Haji, setelah duet dengan  banyak artis top,  sebelum Bang Haji meninggal ingin berduet dengan siapa? Dengan Iwan Fals, jawab Rhoma,” crita Hasan Bisri.

Jadi meskipun sulit, tetapi Hasan Bisri melihat masih ada peluang untuk mempertemukan Rhoma dengan Iwan Fals. Keduanya sulit  dipertemukan itu bukan karena ego atau  gengsi masing-masing, tetapi jutsru karena keduanya saling respek dan menghormati serta  saling rendah hati. “Karena itu saya tidak berhenti melakukan pendekatan pada keduanya,” kata Hasan Bisri.

Memang, Hasan Bisri sebenarnya pernah menampilkan Rhoma dan Iwan, tapi tampil sendiri-sendiri, pada HUT ke 24 MNCTV, beberapa tahun  tahun lalu. Saat itu, dan sampai sekarang, Hasan Bisri memang bekerja di MNCTV.  

Hari Minggu lalu, akhirnya gagasan Hasan Bisri, dan keinginan banyak stasiun TV tentu saja, bisa terwujud meskipun ditayangkan oleh stasiun TV lain. Pada panggung yang ditayangkan langsung oleh Indosiar, untuk memeriahkan hari ulang tahunnya yang  ke 25. Acara itu sukses, buktinya video Rhoma duet dengan Iwan Fals jadi viral.

Hasan Bisri yang merintis duet itu tetapi belum berhasil, secara khusus diundang oleh Rhoma karena Rhoma tahu upaya yang selama ini dilakukan oleh sahabatnya ini. "Ayo, katanya Anda pingin kita foto bertiga, kata Hasan Bisri menirukan undangan Rhoma. Hasan Bisri pun hadir. Dia amat terharu ketika melihat Rhoma dan Iwan Fals berkolaborasi di atas panggung. (anis)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Mar 2020 05:24 WIB

Najwa Shihab Ambyar Sukses Kumpulkan Rp 9 Miliar Lawan Corona

Feature

Konser Musik @Dirumahsaja berhasil kumpulkan donasi Rp 9 M. Ide siapa?

21 Feb 2020 13:10 WIB

Pencipta Lagu 'Bento' Naniel Yakin Tutup Usia

Musik

Sang komposer Naniel C Yakin tutup usia pada Jumat, 21 Februari 2020.

15 Jan 2020 07:15 WIB

Iwan Fals akan Rawat Gitar Pemberian Rhoma

Hiburan

Musisi Iwan Fals mendapat hadiah gitar dari Raja Dangdut Rhoma Irama.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.