Puti Guntur Soekarno dukung percepatan JIIPE di Gresik, Senin 19 Maret 2018. (Foto: Istimewa)
Puti Guntur Soekarno dukung percepatan JIIPE di Gresik, Senin 19 Maret 2018. (Foto: Istimewa)

Perkuat Jokowi, Puti Soekarno Dukung Percepatan JIIPE Di Gresik

Ngopibareng.id Politik 19 March 2018 23:00 WIB

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno mendukung percepatan pembangunan JIIPE (Java Integrated Industrial and Ports Estate) di Gresik. Proyek itu baru saja diresmikan Presiden Jokowi.

“Komitmen Gus Ipul dan saya adalah memperkuat agenda pembangunan Presiden Jokowi. Termasuk kelancaran dan percepatan pembangunan JIIPE,” kata Puti Guntur Soekarno, di Gresik, Senin (19/3/2018).

JIIPE ditetapkan Presiden Jokowi sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional. Kawasan industri ini terhubung dengan pelabuhan, sekaligus upaya memperkuat program Tol Laut pemerintahan Jokowi.

“Kelak JIIPE menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Gresik, yang terkoneksi dengan Tuban, Surabaya, Pasuruan, Probolinggo,” kata Puti.

Sebelumnya, kader PDIP itu telah berulang kali menyatakan komitmennya untuk memperkuat Nawacita dari Presiden Jokowi di Jawa Timur.

JIIPE dibangun dari dana konsorsium pihak swasta, PT AKR Corporindo, dengan BUMN PT Pelindo III. Diperkirakan, kawasan itu mampu menyerap investasi Rp 83,2 triliun.

“Saya kira ini juga membuka ruang bagi keterlibatan ekonomi pelaku-pelaku UMKM dan pondok-pondok pesantren. Ini tentu menjadi prospek ekonomi yang bagus,” kata Puti.

Cucu Bung Karno menjelaskan, jika kelak Gus Ipul dan dirinya terpilih dalam Pilkada 2018, maka pihaknya akan menyiapkan langkah-langkah kongkrit dalam payung kewenangan Pemprov Jawa Timur.

“Kami berdua akan membantu kelancaran perijinan dan aspek-aspek pendukung lain, yang berada dalam payung kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” kata dosen tamu Universitas Kokhusikan, Jepang, tersebut.

Puti Guntur juga melihat peluang besar bagi penyerapan tenaga kerja dari warga Jawa Timur, dengan dasar-dasar kemampuan yang dibutuhkan.

“Apalagi dibuka Balai-Balai Latihan Kerja untuk melatih tenaga kerja dari warga yang ber-KTP Jawa Timur. Ini tentu memberi prospek penyerapan tenaga kerja yang signifikan,” kata Puti.

Bukan hanya JIIPE. Pihaknya juga akan mendorong tumbuhnya kawasan-kawasan industri baru di Jawa Timur untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di provinsi ini dan skala nasional.

“Gus Ipul dan saya akan mendedikasikan itu untuk kemajuan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat Jawa Timur, serta memperkuat pemerintahan nasional dari Presiden Jokowi,” katanya.

Penulis : Faris Mujaddid

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Dec 2020 18:30 WIB

Membelot, PDIP Surabaya Usulkan DPP Pecat Anugerah

Pilkada

Sebab Anugerah Ariyadi sudah tak patuh keputusan DPP PDI Perjuangan

28 Nov 2020 09:27 WIB

KH Nawawi Sidogiri Tulis Maklumat Coblos Gus Ipul

Pilkada

KH Nawawi minta alumni santri dan Warga Kota Pasuruan coblos Gus Ipul.

26 Nov 2020 08:03 WIB

Kampanye Virtual ala Gus Ipul, Tetap Semangat dan Ceria

Pilkada

Calon walikota Pasuruan Saifullah Yusuf menggelar kampanye virtual.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...