Motor listrik Gesits yang ditandangani Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Istimewa)

Perjalanan Motor Gesits Jokowi hingga Lelang yang bikin Heboh

Nasional 23 May 2020 21:37 WIB

Motor listrik Gesits yang ditandangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat dilelang hingga Rp2,55 miliar dalam lelang di konser Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona, pada 17 Mei 2020.

Konser ini digelar MPR RI bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membantu pekerja seni yang terdampak COVID-19.

Angka Rp2,55 miliar cukup fantastis, mengingat di awal peluncurannya, skuter listrik Gesits dibanderol Rp 24.950.000 off the road.

Seperti diketahui Jokowi menjadi salah satu pemilik pertama Gesits di Indonesia. Motor listrik Gesits kali pertama diperkenalkan pada ajang IIMS 2019 lalu oleh PT Gesits Technologies Indo (GTI).

Presiden menjajal motor listrik nasional Gesits tanggal 7 November 2018 lampau. Jokowi saat itu langsung menyatakan ketertarikannya dan ingin membeli 100 motor listrik Gesits.

Pemenang lelang tak sanggup menembus Rp 2,5 miliar

Setelah nama M Nuh keluar sebagai pemenang lelang, dia tak kunjung mentransfer dana. Pria kelahiran 19 Maret 1974 itu dianggap telah melakukan penipuan. Sebelumnya, dia santer diberitakan sebagai pengusaha dari Kampung Manggis, Kota Jambi.

Kenyataannya, dia hanya hanyalah warga biasa yang tinggal di Kelurahan Sungai Asam, Kecamatan Pasar Jambi, dan merupakan buruh harian lepas.

M Nuh dikabarkan diamankan pihak kepolisian Jambi, pada 21 Mei 2020. Kepada polisi, M Nuh mengaku tidak mengerti acara yang diikutinya adalah lelang. Dia justru mengira akan mendapatkan hadiah.

Polisi juga menyebut ini semata-mata salah persepsi pada acara yang digelar. M Nuh tidak bermaksud menipu dengan tidak membayar Rp2,55 miliar setelah ditunjuk menjadi pemenang lelang motor listrik Gesits. Dia pun tidak diproses hukum.

Penawar lelang kedua tertinggi motor listri Gesits bertanda tangan Presiden Jokowi dimenangkan Warren Tanoesoedibjo Foto Dok BNPBPenawar lelang kedua tertinggi motor listri Gesits bertanda tangan Presiden Jokowi dimenangkan Warren Tanoesoedibjo. (Foto: Dok. BNPB)

Pemanang Lelang Anak Hary Tanoesoedibjo

Untuk menyelamatkan lelang donasi Covid-19 itu, akhirnya panitia menghubungi para peserta lelang lain yang ingin menawar motor itu. Rupanya, Warren Tanoesoedibjo yang merupakan putra bungsu pengusaha Hary Tanoesoedibjo menyatakan kesediaan dengan menyamakan tawaran seharga Rp 2,55 miliar.

Penyelenggara konser, Olivia Zalianti menjelaskan, cerita soal akhir lelang motor listrik Jokowi. Panitia awalnya menghubungi pemenang lelang, yaitu M Nuh. Namun dia tak bisa dihubungi.

Panitia lalu meminta saran kepada Ketua Kadin Rosan Perkasa Roeslani soal langkah selanjutnya. Rosan menyarankan agar panitia menghubungi penawar tertinggi kedua di lelang tersebut.

"Setelah itu kami hubungi, ternyata orangnya masih 19 tahun," kata adik Marcella Zalianti itu dalam jumpa pers virtual BNPB, Jumat 22 Mei 2020.

Warren pun bersedia hadir dalam jumpa pers virtual BNPB untuk bicara sebagai pemenang lelang oleh penyelanggara Konser MPR. Namun yang bicara mewakili dirinya adalah sang ayah. "Warren ini pengagum Pak Jokowi," kata Hary Tanoe.

Dia menuturkan, anak bungsu dari lima bersaudara itu memakai tabungan pribadinya dan harus mengeluarkan uang Rp 2,55 miliar untuk mengikuti lelang. Sebelum ikut lelang, pria 19 tahun itu juga terlebih dulu meminta izin ayahnya.

"Karena untuk amal dia ingin ikut, kami kasih izin," ujar Hary Tanoe.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 03:45 WIB

Empat Hal Terkait Shalat Jumat di Masa New Normal, Dua Gelombang

Islam Sehari-hari

Penjelasan Ustadz Ma'ruf Khozin, Direktur Aswaja NU Center Jawa Timur.

05 Jun 2020 02:00 WIB

Sinopsis Touch Your Heart: Jung Rok dan Yoon Seo Pacaran Lagi

ngopiK-pop

Jung Rok dan Yoon Seo kembali menjalin asmara secara diam-diam.

05 Jun 2020 01:36 WIB

Rasisme, Memang Jadi Dosa Asal Amerika (2)

Khazanah

Refleksi Imam Shamsi Ali, Direktur Jamaica Muslim Center

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...