Logo World Health Organization atau WHO. (Foto: Istimewa)
Logo World Health Organization atau WHO. (Foto: Istimewa)

Peristiwa 7 April: WHO Berdiri

Ngopibareng.id Internasional 07 April 2020 15:20 WIB

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 7 April. Di antaranya adalah lahirnya Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang kini tengah sibuk melakukan penanggulangan pandemi Covid-19.

Ngopibareng.id juga merangkum bencana dahsyat berupa meletusnya Gunung Vesuvius di Napoli, dan beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi pada 7 April dikutip dari laman Wikipedia:

1906 - Gunung Vesuvius meletus

Gunung Vesuvius adalah satu-satunya gunung berapi aktif di daratan Eropa yang terletak di sebelah timur Napoli, Italia. Gunung ini pernah meletus pada 7 April 1906 hingga meluluhlantakkan Kota Napioli.

Gunung ini telah meletus beberapa kali dan saat ini dianggap sebagai salah satu gunung berapi yang paling berbahaya di dunia karena terdapat penduduk sebesar 3.000.000 orang yang tinggal di dekatnya dan kecenderungan mereka tinggal ke arah ledakan.

1947 - Partai Ba'ath didirikan di Damaskus

Partai Ba‘ath terdiri dari beberapa partai politik yang mewakili sisi politik gerakan Ba'ath. Partai ini didirikan pada 7 April 1947. Pada awalnya Partai Ba'ath berfungsi sebagai partai pan-Arab dengan cabang di beberapa negara Arab. Pada 1996 partai ini terpecah, satu cabang berbasis di Suriah dan satu lagi di Irak. Kedua partai Ba'ath ini memiliki struktur yang paralel di dunia Arab.

Partai Ba'ath mulai memegang kuasa di Suriah pada tanggal 8 Maret 1963 dan tetap berpengaruh sampai sekarang; Ba'athis memegang kuasa di Irak sejak Februari 1968 sampai 2003. Setelah penyingkiran de facto pemimpin Baath Saddam Hussein pada perang Irak 2003, pemerintahan yang menduduki Irak melarang Partai Ba'ath pada Juni 2003.

1948 - WHO Berdiri

WHO kini sibuk menangani virus corona alias Covid-19 yang jadi pandemi global. WHO adalah salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss. Berdiri pada 7 April 1948.

1954 – Lahirnya Jackie Chan

Jackie Chan adalah salah satu tokoh yang terkenal dalam seni bela diri kung fu dari China dan aktor layar lebar dunia yang terkenal dengan aksi pertarungan akrobatiknya, ahli penggunaan berbagai macam alat yang ditemui di sekitarnya sebagai senjata dan aktor laga yang memiliki banyak inovasi.

Lahir pada 7 April 1954, Jackie Chan telah mendalami seni peran sejak tahun 1970-an, dan sudah tampil tak kurang dalam 100 film serta pernah menerima penghargaan di Hong Kong Avenue of Stars dan di Hollywood Walk of Fame.

1969 - Penerbitan RFC 1 sekaligus menandai kelahiran Internet secara simbolis

Sebuah dokumen Request for Comments (RFC) adalah salah satu dari seri dokumen infomasi dan standar internet bernomor yang diikuti secara luas oleh perangkat lunak untuk digunakan dalam jaringan, Internet dan beberapa sistem operasi jaringan, mulai dari Unix, Windows, dan Novell NetWare.

RFC kini diterbitkan di bawah arahan Internet Society (ISOC) dan badan-badan penyusun-standar teknisnya, seperti Internet Engineering Task Force (IETF) atau Internet Research Task Force (IRTF).

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 15:31 WIB

Presiden Jokowi Lantik Tiga Pasang Gubernur dan Wakil Gubernur

Nasional

Dilantik, kini Sumbar, Kepri dan Bengkulu miliki gubernur definitif.

25 Feb 2021 15:12 WIB

Perawat RS Haji Diduga Pelecehan, Belum Ada Bukti cuma Keterangan

Surabaya

Polrestabes Surabaya belum menerima bukti dari pelapor pelecehan.

25 Feb 2021 15:00 WIB

Giroud Akan Kesal Pada Mason Mount Jika Gagal Cetak Gol

Liga Champions

Karena Mount berusaha mengambil bola yang seharusnya datang ke Giroud.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...