Universitas Brawijaya (UB). (Foto: Istimewa)
Universitas Brawijaya (UB). (Foto: Istimewa)

Peristiwa 5 Januari: Berdirinya PPP dan Universitas Brawijaya

Ngopibareng.id Nasional 05 January 2020 06:30 WIB

Berbagai macam peristiwa atau sejarah penting terjadi setiap harinya, termasuk pada tanggal 5 Januari, yang jatuh pada hari Minggu ini. Berikut ini rangkuman beberapa peristiwa sebagai mana dihimpun dari Wikipedia.org:

1. Hari Korps Wanita AL

Setiap tanggal 5 Januari diperingati sebagai hari Korps Wanita Angkatan Laut atau yang disingkat Hari Jadi Kowal. Kowal merupakan sebutan untuk prajurit TNI Angkatan Laut (AL) Indonesia.

Bermula pada sebuah berita yang disebarluaskan ke seluruh pelosok Perguruan Tinggi Indonesia tentang pembentukan dan pengumuman penerimaan anggota Kowal. Sebanyak 12 orang yang mengikuti tes penerimaan anggota Kowal tersebut berhasil terseleksi dan lulus menjadi anggota Kowal.

Angkatan pertama ini dikenal sebagai Kowal inti yang dilantik menjadi anggota Kowal oleh Kepala Staf TNI AL, Laksamana Muda RE Martadinata, di lapangan apel Markas Besar Angkatan Laut jalan Gunung Sahari 67 Jakarta pada 5 Januari 1963. Pada akhirnya tanggal pelantikan tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Kowal.

2. Alat Rontgen Ditemukan

Wilhelm Conrad Rontgen, seorang ahli fisika asal Jerman menemukan radiasi sinar X pada 5 Januari 1896. Alat tersebut kemudian dikenal sebagai radiasi Rontgen. Pada gambar pertama radiasi sinar X, Rontgen mengambil fotografi sinar X dari bagian dalam objek logam dan tulang tangan istrinya.

Penemuan alat rontgen tersebut membuat Wilhelm menjadi fisikawan Jerman pertama yang meraih penghargaan nobel pada tahun 1901. Alat temuannya itu menandai dimulainya zaman fisika modern dan revolusi kedokteran diagnostik.

3. Uni Soviet Akui pemerintahan baru Polandia yang Pro-Soviet

Pada 5 Januari 1945, Uni Soviet mengakui pemerintahan baru Polandia yang pro terhadap negaranya. Saat itu, Uni Soviet merupakan negara yang memiliki pengaruh besar di dunia. Sedangkan, Polandia merupakan negara republik di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Rusia di sebelah selatan.

4. Albert Manoempak Sipahoetar Meninggal

Salah satu jurnalis Indonesia sekaligus tokoh pendiri Kantor Berita Antara Albert Manoempak Sipahoetar meninggal dunia pada 5 Januari 1948. Pria kelahhiran Tarutung, Tapanuli Utara tersebut meningga; dunia di usia 33 tahun.

5. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Didirikan

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) didirikan tepat pada 5 Januari 1973. Partai ini merupakan hasil gabungan dari empat partai keagamaan yaitu Partai Nahdlatul Ulama (NU), Partai Serikat Islam Indonesia (PSII), Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) dan Parmusi.

Saat ini, PPP dibawah kepemimpinan Suharso Monoarfa sebagai pelaksana ketua umum karena Muhammad Romahurmuziy atau Romi yang sedang tersandung kasus korupsi.

6. Berdirinya Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) atau yang biasa disebut Unbra atau Unibraw adalah perguruan tinggi di Indonesia yang didirikan pada 5 Januari 1963, di Kota Malang melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 1/1963.

Nama Brawijaya diberikan khusus oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. H. Soekarno, dengan harapan mampu gemilang dan menjadi kampus kebanggan bangsa Indonesia seperti Raden Wijaya (Brawijaya I) selaku pendiri Kerajaan Majapahit.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Oct 2020 21:40 WIB

3.000 Orang Antre Melihat Artefak Rasul di Museum Probolinggo

Nasional

Artefak itu dahulu disimpan di rumah Walikota Probolinggo.

22 Oct 2020 21:25 WIB

BDH-Saleh Merapat, Kompak Menangkan Er-Ji

Pilkada

Tak hanya BDH dan Saleh Mukadar, namun juga merapat kader lawas PDIP

22 Oct 2020 21:10 WIB

Eri Cahyadi Janji Pemerataan Pendidikan dan Perbesar BOPDA

Pilkada

Ia akan menyamakan kualitas guru sekolah negeri dan swasta

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...