Pos polisi di perempatan Sarinah, Jakarta Pusat, yang diledakkan teroris. (Foto: Istimewa)

Peristiwa 14 Januari: Perang dan Teror Bom

Nasional 14 January 2020 09:15 WIB

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 14 Januari. Sebut saja perang revolusi Amerika Serikat hingga tragedi bom Sarinah, Jakarta Pusat, yang diakui ISIS sebagai dalangnya.

Berikut beberapa peristiwa dunia pada 14 Januari yang dihimpun ngopibareng.id dari Brainyhistory, Thepeoplehistory, dan Wikipedia:

Perang Revolusi Amerika Serikat

Perang Revolusi Amerika Serikat (1775-1783) berawal dari pertarungan Kerajaan Britania Raya dan Amerika Serikat yang baru berdiri, namun perlahan menjadi perang global antara Inggris di satu sisi dan Amerika Serikat, Prancis, Belanda, dan Spanyol di sisi lainnya.

Perang ini dimenangkan oleh Amerika Serikat dengan hasil yang bercampur dengan kekuatan lainnya.

Pada 1783, Traktat Paris mengakhiri perang dan mengakui kedaulatan Amerika Serikat atas teritori yang secara kasar dikelilingi oleh wilayah yang saat ini menjadi Kanada di utara, Florida di selatan, dan Sungai Mississippi di barat. Perdamaian dalam tingkat internasional disetujui yang diikuti serangkaian pertukaran teritori.

Sidang Pembantaian lebih dari 100 Penduduk Muslim

Pengadilan tinggi PBB menjatuhkan hukuman 25 tahun penjara kepada lima orang terdakwa yang melakukan pembantaian terhadap lebih dari 100 penduduk Muslim yang tinggal di wilayah Bosnia Herzegovina pada 1993.

Pembantaian itu disebabkan sekelompok penduduk asli Bosnia yang ingin mengusir orang-orang Serbia dari wilayahnya. Tapi, lama kelamaan konflik tersebut semakin memanas hingga pada puncaknya, Dewan Perdamaian PBB melakukan upaya perdamaian kedua negara pada 1993.

Serangan di Hotel Afghanistan

Serangan Hotel Serena Kabul 2008 adalah serangan terhadap gym dan spa di Hotel Serena, Kabul, Afganistan pada Senin 14 Januari 2008. Serangan ini menewaskan enam orang, termasuk jurnalis Dagbladet Carsten Thomassen.

Atlet Panjat Tebing Amerika Serikat Taklukkan El Capitan

Tommy Caldwell dan Kevin Jorgeson, atlet panjat tebing Amerika Serikat menjadi orang pertama yang sukses menaklukkan El Capitan yang ada di kawasan Taman Nasional Yosemite.

El Capitan merupakan tebing batu curam yang memiliki tinggi 900 m itu dikenal sangat sulit untuk ditaklukkan. Selama ini, telah banyak orang yang mencoba menaklukkan tebing tersebut, namun mereka selalu gagal. Kendati demikian, tebing tersebut menjadi lokasi favorit bagi para atlet untuk menjajal kemampuan mereka.

Bom Sarinah

Serangan bom bunuh diri disertai penembakan ini terjadi di sekitar Plaza Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 14 Januari 2016. Ledakan terjadi di tempat parkir Menara Cakrawala depan gerai Strarbuck gedung sebelah utara Sarinah dan pos polisi depan gedung tersebut.

Delapan orang meninggal dunia, empat di antaranya pelaku penyerangan. Sebanyak 24 orang lainnya luka-luka termasuk polisi dalam peristiwa yang dikenal dengan istilah bom Sarinah atau bom Thamrin.

ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. Tujuh orang terlibat. Pimpinan ISIS Indonesia Aman Abdurahman kemudian divonis hukuman mati atas serangan tersebut. Aman Abdurahman yang juga pimpinan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), organisasi teroris berafiliasi ke ISIS merancang serangan bom itu di balik penjara.

Bom pertama meledak di depan gerai Starbucks Sarinah pukul 10.40 WIB. Disusul tiga ledakan berikutnya di pos polisi persimpangan Sarinah. Kemudian dua ledakan lainnya terjadi di dalam gerai Starbucks.

Setelah ledakan tersebut, polisi menyergap beberapa pelaku serangan yang diwarnai baku tembak. Polisi menembak mati tiga pelaku, dan dua lagi ditangkap. Sementara pelaku-pelaku lainnya tewas dalam bom bunuh diri.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Feb 2020 10:30 WIB

AS Tunda Pertemuan Dengan Negara ASEAN Karena Corona

Internasional

Penundaan itu disebabkan karena kekhawatiran penyebaran virus corona.

29 Feb 2020 10:15 WIB

Google Rayakan Ulang Tahun NH Dini ke-84

Tokoh

Google Doodle menampilkan wajah NH Dini.

29 Feb 2020 10:00 WIB

Warga Mojoroto Digemparkan Penemuan Ular Pyton Panjang 3 Meter

Jawa Timur

Ular pyton saat diamankan keluarkan kotoran yang baunya menyengat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.