Peringatan Hari Gizi, Unusa Beri Penyuluhan Gizi Seimbang

24 Jan 2019 15:20 Unusa Gateway

Mahasiswa Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) mengadakan acara yang bertajuk "Penerapan Gizi Seimbang Sebagai Upaya Peningkatan Derajat Kesehatan" di TK Khadijah, Surabaya, 24 Januari 2019.

Selain bertujuan untuk memperingati Hari Gizi dan Makanan pada 25 Januari esok, acara ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman akan gizi seimbang pada orang tua, serta pengenalan gizi pada anak.

Nisa' Hidayah, Ketua Himpunan Mahasiswa Gizi, mengatakan selain penyuluhan gizi seimbang pada orang tua, ada pula kegiatan fun cooking dimana orang berlomba untuk menghias makanan menjadi bento yang menarik bagi anak-anak.

"Untuk anak-anak akan dilakukan pengecekan antropometri, yaitu pengukuran tinggi badan dan berat badan guna mengetahui tumbuh kembang anak ideal, setelah itu mereka akan lomba mewarnai dengan tema makanan seimbang untuk TK A, kalau TK B akan ada gunting dan tempel gambar," turtur Nisa'Hidayah

Nisa, menjelaskan alasan memilih tema gizi seimbang, menurutnya ini adalah hasil riset dari Dikti untuk meningkatkan kesadaran gizi seimbang pada masyarakat.

"Mungkin orang tua tau mengenai gizi seimbang, tapi untuk komposisinya mungkin mereka belum tau. Itu yang kami jelaskan bagaimana dalam satu piring ada protein, karbohidrat, lemak serta mineral sesuai kebutuhan anak menurut usianya," ujar mahasiswa semester 5 ini.

Nisa, berharap apa yang ia lakukan bersama teman-temannya bisa bermanfat untuk orang tua dan anak, khususnya di KB/TK Khadijah serta bisa diterapkan di kehidupan sehari-harinya.

Ketiga pemenang fun cooking menghias bento Foto Pitangopibarengid
Ketiga pemenang fun cooking menghias bento. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Ketua Program Studi Gizi Unusa, Rizki Nurmalya Kardina yang ikut mendampingi para mahasiswa menambahkan, setiap orang tua pasti mendambakan buah hatinya tumbuh sehat dan cerdas hingga kelak ia dewasa. Untuk mencapai target tersebut, tentu para orang tua membutuhkan dan menerapkan strategi tepat. Salah satunya pemenuhan gizi seimbang sejak dini.

"Masa pertumbuhan anak membutuhkan berbagai jenis zat gizi yang terdiri dari makronutrein dan mikronutrien," kata dosen mata kuliah Kesehatan dan Gizi Anak ini. 

Makronutrien, kata Rizki Nurmalya Kardina, mencakup karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan makronutrein mencakup berbagai vitamin dan mineral di berbagai jenis pangan. Untuk itu orang tua perlu mengenal dan memperhatikan makanan pada anaknya agar mencapai gizi seimbang. 

Kegiatan ini disambut baik oleh kepala KB/TK Khadijah, Surabaya, Dra. Hj. Suhartin yang merasa terbantu untuk mengingatkan kembali orang tua tentang pentingnya gizi seimbang pada anak. 

"Mungkin mereka sudah tahu ya. Tapi dengan adanya acara ini yang dikemas berbeda mereka (orang tua) bisa belajar lagi tentang gizi, agar nanti antara pihak sekolah dan orang tua bersinergi dalam memberikan gizi yang terbaik untuk anak," ucap Suhartin

Ada sekitar 75 anak didampingi orang tua yang mengikuti acara ini. Di akhir acara, akan dipilih tiga pemenang menghias bento serta dua orang pemenang mewarnai untuk mendapatkan hadiah dari UNUSA. (pts)

Reporter/Penulis : Pita Sari
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini