Foto dokumentasi tim Dinas PU Pemkot Surabaya saat mengeruk kali Wonokromo saat banjir di RSI Wonokromo. (Foto: Alief/ngopibareng.id)

Awas, Mulai Sore Sampai Malam Surabaya Diprediksi Hujan Lebat

Surabaya 02 February 2020 18:20 WIB

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Republik Indonesia merilis peringatan dini soal hujan lebat disertai petir yang akan terjadi di Surabaya hari ini, Minggu, 2 Januari 2020. Peringatan dini cuaca tersebut diunggah oleh BMKG di situs resmi mereka. Dalam unggahan tersebut, BMKG merilis peringatan dini untuk 26 provinsi. Termasuk dalamnya Surabaya, Jawa Timur.

Merespon peringatan dini dari BMKG tersebut, Pemerintah Kota Surabaya langsung menyebarluaskannya ke warga masyarakat. Personel gabungan dari BPB Linmas, Satpol PP dan Satgas PU Bina Marga dan Pematusan serta personil dari DKRTH disebar untuk menyampaikan informasi tersebut. Utamanya, di wilayah yang diprediksi rawan banjir.

"Tiap titik yang kami prediksi agak berbahaya, kami sebar 25-50 personel untuk mengamankan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya, Eddy Christijanto.

Eddy mengatakan, beberapa titik yang menjadi konsentrasi Pemkot adalah Kupang Jaya, HR Muhammad, Opak, Wonokromo depan RSI, Ahmad Yani hingga Margorejo. Sedangkan untuk wilayah pusat kota, Pemkot menyebar di Bubutan, Gubeng, Jalan Semarang, Blauran, Stasiun Pasar Turi, hingga arah Tugu Pahlawan.

"Untuk beberapa titik yang kemarin sempat tergenang, langsung dibenahi oleh Dinas PU. Mereka melakukan normalisasi saluran air. Kami harapkan pada hari ini bisa normal," katanya.

Menurut Eddy, berdasarkan peringatan dini yang dikirimkan oleh BMKG, pada hari ini. Mereka memprakirakan sekitar pukul 16.00-22.00 WIB wilayah Kota Surabaya akan diguyur hujan lebat yang disertai petir.

Adanya peringatan dini tersebut, Pemkota Surabaya mengimbau kepada seluruh warga Surabaya, untuk tidak keluar rumah apabila tidak ada kepentingan mendesak.

"Lebih baik tetap stay di rumah saja kalau memang nggak ada yang mendesak sekali. Semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," katanya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Mar 2020 21:07 WIB

Dampak COVID-19, 155 anggota PPK Pilkada Surabaya Dinonaktifkan

Pilkada

Pelantikan PPS juga ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

28 Mar 2020 20:35 WIB

Persahabatan Jin BTS dan Yoo Seung Ho Terungkap Lewat Kopi

ngopiK-pop

Jin BTS kirim truk kopi ke lokasi syuting serial terbaru aktor Yoo Seung Ho

28 Mar 2020 20:08 WIB

Semua Pasien Positif Corona di Kota Malang Dinyatakan Sembuh

Jawa Timur

Sudah dipulangkan ke rumah masing-masing.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.