Anna Campbell (27), warga negara Inggris tewas dalam bertempran pekan lalu di Suriah. Anna bertempur bersama pasukan suku Kurdi. (foto: the national)
Anna Campbell (27), warga negara Inggris tewas dalam bertempran pekan lalu di Suriah. Anna bertempur bersama pasukan suku Kurdi. (foto: the national)

Perempuan Inggris Tewas saat Bertempur Bersama Kurdi di Suriah

Ngopibareng.id Internasional 20 March 2018 20:48 WIB

Seorang perempuan Inggris beranama Anna Campbell berusia 27 tahun, ikut bertempur bersama pasukan Kurdi di wilayah Afrin, Suriah. Tetapi Anna  tewas dalam serangan yang dipimpin Turki di daerah tersebut.

Anna Campbell tewas pekan lalu di daerah kantong Afrin, kata Nisrin Abdallah, juru bicara Unit Perlindungan Perempuan Kurdi (YPJ) hari Senin 19 Maret kemarin.

"Dia tewas pada 15 Maret 2018 dalam pertempuran dengan tentara Turki  di garis depan sekitar Kota Afrin, kata Abdallah kepada AFP.

Dia dianggap sebagai perempuan Inggris pertama yang tewas dalam pertempuran bersama milisi Kurdi di Suriah.

"Kami mengetahui kabar kematiannya kemarin dan berkomunikasi dengan orang tuanya," kata Abdallah, membenarkan bahwa Campbell berasal dari Lewes di East Sussex.

Ankara dan pasukan pemberontak Suriah memulai serangan mereka di wilayah Afrin pada 20 Januari, merebut sebagian besar wilayah itu sebelum merebut pusat kotanya pada Minggu.

Abdallah mengatakan bahwa Campbell bergabung dengan YPJ pada Mei 2017.

"Setelah serangan terhadap Afrin, dia bersikeras untuk dikirim ke sana," kata Abdallah. "Kami banyak berdiskusi dengannya, tetapi dia memberi kami ultimatum: saya berhenti dari revolusi atau saya pergi ke Afrin," tambahnya.

Ratusan pejuang asing telah bergabung dengan YPG dan YPJ di Suriah, dengan banyak yang mengatakan mereka ingin mendukung "revolusi" untuk demokrasi partisipatif dan hak-hak perempuan. (afp/ma) 

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Nov 2020 07:05 WIB

Suriah dan Afghanistan Memanas, Ledakan Roket Makin Mencekam

Internasional

Kekhawatiran memanaskan situasi di tengah pandemi Covid-19

29 Sep 2020 08:06 WIB

Puluhan Pekerja Migran Ilegal Indonesia di Suriah Dipulangkan

Internasional

Mereka korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

27 Aug 2020 08:04 WIB

Dipulangkan dari Suriah, Begini Nasib 47 Pekerja Migran Ilegal

Internasional

Repatriasi penuh tantangan akibat wabah global COVID-19

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...