Peredaran Tabloid 'Indonesia Barokah' Sudah Meluas

26 Jan 2019 15:15 Politik

Peredaran Tabloid 'Indonesia Barokah' yang isinya mirip 'Obor Rakyat' yang pada Pilpres 2014 lalu, sudah hampir merata di seluruh Indonesia.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung hari ini juga mengamankan sejumlah bungkusan tabloid Indonesia Barokah di Kantor Pos Pahoman sebelum tersebar ke masyarakat.

Sebelumnya, tabloid yang sama juga ditemukan di Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Pati, Makassar, Medan dan kota-kota lain. Penyebarannya sudah meluas di seluuruh wilayah Indonesia.

"Kita melakukan pengecekan ke Kantor Pos untuk memastikan ada atau tidaknya peredaran tabloid tersebut, ternyata ada," kata Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansah saat dihubungi di Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, pengecekan ke kantor pos atas instruksi dari Bawaslu Pusat yang memerintahkan keseluruh Bawaslu kabupaten/kota dan provinsi untuk menghentikan penyebaran tabloid itu.

"Kita belum bisa memeriksanya lebih lanjut, karena harus sesuai standar operasional prosedur di Kantor Pos, untuk membukanya," katanya.

Candra mengatakan, di Kota Bandarlampung tabloid belum tersebar sama sekali ke masyarakat, karena hingga kini belum ada laporan terkait tabloid Indonesia Barokah di lapangan.

Dia mengatakan bungkusan - bungkusan tersebut tidak akan disita oleh pihaknya, namun meminta pihak Kantor Pos untuk tidak menyebarkanya ke alamat - alamat yang tertuju.

"Penyebaran baru sampai di Kantor Pos Kemiling, dan sudah ditarik kembali ke Kantor Pos Pusat Bandarlampung," tambahnya. (an/ar)

Penulis : M. Anis


Bagikan artikel ini