Perdana Menteri (PM) Bulgaria Boyko Borissov. (Foto: Facebook)
Perdana Menteri (PM) Bulgaria Boyko Borissov. (Foto: Facebook)

Perdana Menteri Bulgaria Positif Covid-19, Jalani Isolasi Mandiri

Ngopibareng.id Internasional 26 October 2020 10:27 WIB

Perdana Menteri (PM) Bulgaria Boyko Borissov terinfeksi virus corona (Covid-19).  Kabar tersebut menyeruak di tengah jumlah orang yang terinfeksi Virus Corona jenis baru di negara anggota Uni Eropa (UE) terus meningkat selama dua minggu terakhir.

Boyko Borissov mengungkap sendiri kabar kesehatan dirinya lewat akun Facebook, Minggu 25 Oktober 2020.

"Setelah dua tes PCR (polymerase chain reaction) hari ini saya positif Covid-19," kata pria kelahiran 13 Juni 1959 itu di halaman Facebook @Boyko Borissov.

 Pria 61 tahun ini mengaku hanya mengalami gejala ringan dan akan melakukan karantina di rumah. Ia mengisolasi diri pada Jumat malam setelah wakil menteri pembangunan daerah yang sempat ditemui positif terkena virus.

Namun, Inspektorat Kesehatan Sofia mencabut karantina Perdana Menteri pada Sabtu setelah dua tes hasil PCR menunjukkan negatif. Tes pertama pada Jumat pagi sebelum Borisov bertemu dengan Wakil Menteri Amerika Serikat Keith Krach. Tes kedua dilakukan keesokan harinya. Tetapi pada Minggu dia dinyatakan positif.

Boyko Borissov mengatakan bahwa dia tetap mengisolasi diri, menunda semua pertemuan dan penampilan publik sejak Jumat.

Presiden Bulgaria Rumen Radev juga harus mempersingkat kunjungan ke Estonia awal pekan ini setelah melakukan kontak dengan mayor jenderal angkatan udara, yang dinyatakan positif. Dia kembali melanjutkan tugasnya setelah dua tes PCR negatif.

Bulgaria, negara berpenduduk tak lebih dari 7 juta orang, berhasil melewati gelombang pertama virus corona dengan relatif baik. Namun jumlah kasus dan rawat inap melonjak dalam beberapa pekan terakhir, mencapai total lebih dari 37.500 kasus dan 1.084 kematian pada hari Minggu.

Pemerintah mewajibkan masker di luar ruangan yang banyak orang, di samping penggunaan di dalam area publik dan transportasi.

Sebelum Boyko Borissov, sejumlah kepala negara telah dinyatakan positifi corona, yang terbaru Presiden Polandia, Andrzej Duda. Presiden AS Donald Trump dan Presiden Brasil juga sempat dinyatakan positif Covid-19.

Sebelumnya juga ada PM Inggris Boris Johnson, Presiden Bolivia Jeanine Anez, dan terbaru Gubernur Reverse Bank of India (RBI), Shaktikanta Das terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Nov 2020 09:55 WIB

Disebut Kelelahan, Rizieq Syihab Dirawat di Rumah Sakit

Nasional

Pemkot Bogor tawarkan fasilitas PCR.

27 Nov 2020 09:39 WIB

Puasa dan Sedekah Ada Batas, Anjuran Zikir Sebanyak-banyaknya

Islam Sehari-hari

Penjelasan Ustadz Ma'ruf Khozin, Pengasuh Ponpes Aswaja Sukolilo Surabaya

27 Nov 2020 09:20 WIB

Liburkan Tim, Madura United Tunggu Jaminan Kepastian Liga

Liga Indonesia

Meski PSSI dan LIB sudah mengummkan liga digelar Februari.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...