Perbedaan mudipulang kampung yang ramai di twitter (Foto: twitter.com)

Perdebatan Mudik Vs Pulang Kampung di Twitter, Begini Awalnya

Nasional 23 April 2020 17:10 WIB

Warganet ramai memperbincangkan perbedaan mudik dan pulang kampung. Hal ini dipicu komentar Presiden Joko Widodo saat berbincang dengan Najwa Shihab di Mata Najwa Rabu, 22 April 2020.

Dalam wawancara tersebut Najwa menanyakan pendapat Jokowi terhadap satu juta pemudik. Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pemudik ini dianggap mencuri start. Padahal di Indonesia sendiri sudah ada larangan mudik dari pemerintah.

Dalam potongan wawancara tersebut, Jokowi menjelaskan perbedaan mudik dan pulang kampung. Menurutnya pulang kampung adalah, orang yang berkerja di Jabodetabek karena tidak ada pekerjaan mereka pulang ke kampung. Karena keluarganya berada di sana. Sedangkan mudik terjadi pada saat hari lebaran.

Najwa kemudian menyampaikan jika hal itu adalah perbedaan masalah timing, sedangkan akitivitasnya sendiri sama dan berpotensi menularkan virus. Penggalan video ini kemudian tersebar secara luas. Netizen pun ramai mengomentari jawaban Jokowi atas perbedaan istilah mudik dan pulang kampung.

Di Twitter respon warganet pun beragam. @Franky57812196 menuliskan, “Dan saya baru di umur saya yang ke 20 mudik dan pulang kampung berbeda #MataNajwa”. Selain itu, pengguna twitter yang lain @TheBalottel mencuitkan, “Sepertinya kbbi perlu direvisi ini soal pengertian mudik dan pulang kampung”.

Ada juga akun @Leon_Alvinda yang mengomentari postingan salah satu media yang berjudul “INFOGRAFIS: 19 Pos Pengamanan Cegat Pemudik Pulang Kampung” dengan berkomentar, “halo @CNNIndonesia, mudik dan pulang kampung itu beda ya. Mohon maaf hanya sekedar mengingatkan”. 

Tak kalah menarik komentar dari @UyokBack yang menuliskan, “Mungkin penggunaan istilah pulang kampung dan mudik termasuk strategi militer untuk mengecoh virus corona”.

Namun, ada juga yang mendukung pernyataan presiden Ri itu. Akun pengguna @kiephay berpendapat, “Setelah merenung semalaman saya pikir omongan Pak Presiden ada benarnya. Mudik dan pulang kampung adalah dua kata yang bermakna sama tetapi beda waktu pemakaian. Mudik dilakukan menjelang besar seperti hari lebaran. Sedangkan hari biasa sering disebut pulang kampung. #Mata Najwa”.

Senada dengan Twitter, Instagram pun ramai komentar warganet. Akun @omg.indonesia.id juga mengunggah video percakapan tersebut. Video ini ditonton 110 ribu viewer dan mendapat 1.576 komentar. Selain itu pun bermunculan meme kocak yang tentang perbedaan mudik dan pulang kampung.

Di sisi lain, menurut KBBI Daring, mudik sendiri merupakan kata kerja yang memiliki arti pulang ke kampung halaman. Sedangkan pulang kampung, berarti kembali ke kampung halaman atau mudik.

Penulis : M. Rizqi

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jul 2020 18:43 WIB

Horeee...Wisata Kawah Ijen Resmi Dibuka

Nasional

Tapi wisatawan tetap wajib jalankan protokol kesehatan Covid-19

11 Jul 2020 18:32 WIB

Mulai Hari Ini Kawah Ijen Dibuka Kembali untuk Umum

Jawa Timur

Gunung Ijen masuk dua wilayah kabupaten, yaitu Banyuwangi dan Bondowoso

11 Jul 2020 18:29 WIB

Prediksi Juventus vs Atalanta: Laga yang Sulit

Liga Italy

Atalanta belum terkalahkan dalam sembilan laga terakhirnya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...