Bambang Pamungkas alias Bepe.

Perangi Virus Corona, Bepe Lelang Tiga Barang Bersejarah Miliknya

Liga Indonesia 12 April 2020 04:45 WIB

Manajer sekaligus legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas ikut kampanye Lelang Satu Hati Lawan Corona yang digagas klub berjulukan Macan Kemayoran. Pria yang akrab disapa Bepe itu melelang tiga benda bersejarah dalam karir sepakbolanya melalui akun twitter @bepe20 pada Sabtu 11 April 2020.

Barang-barang yang dilelang Bambang adalah sepatu Nike Zoom Air Total 90, seragam Tim Nasional (Timnas) Indonesia di Piala AFF 2012, dan Medali Piala Presiden 2018. Pemilihan ketiga barang tidak dilakukan Bambang sendiri. Legenda Persija itu sempat bertanya kepada pengikutnya di twitter soal barang apa saja yang akan dilelang dan terpilihlah benda-benda tersebut.

Sepatu Nike Zoom Air Total 90 ikut menemani Bambang saat membawa Persija juara Liga Indonesia 2001. Bambang mencetak dua gol dengan sepatu tersebut yang mengantarkan Persija menang 3-2 atas PSM Makassar pada partai puncak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Kemudian, seragam Timnas Indonesia di Piala AFF 2012 dikenakan Bambang sebelum memutuskan pensiun dari pentas internasional. Oleh sebab itu, nama di seragam bernomor punggung 20 tersebut bukanlah Bambang melainkan Pamungkas.

Sementara itu, barang terakhir yakni medali Piala Presiden 2018 memiliki kisah unik untuk Bambang. Medali tersebut hilang saat Persija merayakan gelar juara Piala Presiden 2018, sehingga klub membuat duplikatnya untuk Bambang.

Namun, ada seorang ibu yang mengembalikan medali asli kepada Bambang beberapa minggu kemudian. Ibu tersebut menerangkan bahwa anaknya menemukan medali itu. Medali Piala Presiden 2018 pada lelang kali ini adalah yang asli, sedangkan duplikatnya disimpan oleh Bepe.

Bambang mengikuti jejak Riko Simanjuntak, Marko Simic, Shahar Ginanjar, Marc Klok, Ramdani Lestaluhu dan Marco Motta yang lebih dulu melelang barang-barang bersejarahnya. Uang dari hasil lelang tersebut akan digunakan untuk memerangi pandemi virus corona di Indonesia.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 10:16 WIB

Nadiem NU, Nadiem Muhammadiyah

Arif Afandi

Nadiem Makarim perlu bersahabat dengan NU dan Muhammadiyah. Kenapa?

09 Aug 2020 10:10 WIB

Sinopsis Ghost Writer: Pertemuan Penulis dengan Arwah

Film

Film Indonesia berjudul Ghost Writer akan tayang malam ini.

09 Aug 2020 09:52 WIB

Itung-itungan Ganti Rugi Juventus Pecat Maurizio Sarri Rp345 M

Liga Champions

Posisi Maurizio Sarri sebagai pelatih Juventus digantikan oleh Andre Pirlo.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...