Dahnil Anzar Diperiksa Polda Metro Jaya

23 Nov 2018 12:56 Korupsi

Juru bicara tim sukses pasangan Prabowo-Sandiaga yang juga Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, hari ini Jumat 23 November memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya terkait dugaan penyimpangan dana Kemah dan Apel Pemuda Islam 2017.

Pantauan di lapangan, Dahnil tiba di Mapolda Metro pada pukul 10.30 WIB bersama Ketua Panitia Kegiatan Kemah Apel Pemuda Islam 2017, Ahmad Fanani hadir di Polda Metro Jaya, Jumat dikawal sejumlah orang yang mengenakan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam).

Mengenakan kemeja koko putih, tak banyak yang diungkapkan Dahnil pada media. "Kami mau diperiksa terkait kegiatan yang diinisiasi Kemenpora. Kegiatan itu melibatkan GP Ansor dan PP Pemuda Muhammadiyah. Cuma itu yang saya tahu selebihnya, terima kasih," ujarnya sambil berlalu.

Di tempat yang sama, Direskrimsus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Adi Deriyan membenarkan pemeriksaan Dahnil berkaitan dengan kegiatan Kemah Apel Pemuda Islam.

"Kami sedang mendalami dugaan penyimpangan anggaran APBD 2017. Kita periksa seputar pertanggungjawaban penggunaan anggaran," ujarnya.

Terkait penyelidikan kasus ini, Polda Metro juga bekerjasama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Sebelumnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melibatkan GP Ansor dan Pemuda Muhammadiyah menggelar Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia di Pelataran Candi Prambanan, Jawa Tengah, 16-17 Desember 2017.

Berdasarkan hasil gelar perkara yang dilakukan kepolisian dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), status kasus tersebut meningkat dari penyelidikan ke penyidikan.

Polisi telah memeriksa Fanani, Abdul Latif dari Kemenpora, dan Safaruddin dari GP Ansor pada Senin 19 November lalu. (man)

Reporter/Penulis : Rohman Taufik
Editor : M. Anis


Bagikan artikel ini