Penyiar BBC Dipecat, Bandingkan Bayi Pangeran Harry dengan Hewan

10 May 2019 16:15 Internasional

Tak hanya artis Indonesia Lee Joung Hoon yang sedih lantaran wajah anaknya disamakan dengan binatang oleh netizen, niaaprilia31. Bayi laki-laki Pangeran Harry dan yang baru lahir dengan seekor simpanse.

Postingan yang beredar luas itu memperlihatkan gambar sepasang suami istri yang berpegangan tangan dengan seekor simpanse mengenakan topi dan mantel, di samping tulisan: "Royal Baby meninggalkan rumah sakit".

Postingan itu milik Danny Baker. Ia berprofesi sebagai penyiar BBC Radio 5 Live. Akibat ulahnya, Danny Baker harus menerima konsekuensi dipecat dari pekerjaannya di BBC.

Danny Baker dituduh mengejek garis darah Afrika-Amerika Markle. Bayi Archie Harrison Mountbatten-Windsor, yang lahir pada hari Senin, 6 Mei 2019. Ia akan berada di urutan ketujuh pewaris takhta Inggris, menjadi anggota Kerajaan Inggris keturunan Amerika bi-rasial pertama.

Menyusul kritik yang meluas, Baker kembali mengunggah status di Twitter dengan upaya untuk memadamkan kontroversi, meminta maaf atas postingan "lelucon" itu. "Sedalam-dalamnya minta maaf atas lelucon bodoh yang tak terpikirkan sebelumnya itu," tulisnya.

"Seharusnya itu candaan tentang keluarga Kerajaan vs hewan sirkus dalam pakaian mewah tapi diartikan sebagai tentang monyet & ras, jadi sudah benar dihapus. Mengomentari keluarga Kerajaan bukan keahlian saya," ujarnya.

Beberapa jam kemudian, pria 61 tahun itu mengonfirmasi bahwa ia telah dipecat dari BBC Radio 5 Live, dalam sebuah panggilan telepon yang ia sebut sebagai "pemberitahuan yang arogan".

"(Panggilan) itu masuk yang mengatakan bahwa saya sebenarnya bermaksud mengunggah tweet konyol itu dan BBC harus menegakkan bla bla bla. Benar-benar membuang saya. Nadanya terdengar demikian," tulisnya di Twitter. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini