Direktur Bisnis dan Pemasaran PT Smelting didampingi Wabup Gresik Moh Qosim saat menyalurkan dana CSR ke warga Roomo, Manyar,  Gresik. (Foto: Azharil Farich/ngopibareg.id)
Direktur Bisnis dan Pemasaran PT Smelting didampingi Wabup Gresik Moh Qosim saat menyalurkan dana CSR ke warga Roomo, Manyar, Gresik. (Foto: Azharil Farich/ngopibareg.id)
Ekonomi dan Bisnis

Peduli Warga Roomo Manyar, PT Smelting Salurkan CSR Rp1 Miliar

Ngopibareng.id Ekonomi dan Bisnis 19 August 2020 21:05 WIB

Sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab sosial terhadap warga di lingkungan sekitar perusahaan, PT Smelting menyalurkan dana Corporate Social Responsibity (CSR) senilai Rp 1 miliar ke Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Rabu, 19 Agustus 2020.

Penyaluran dana pengembangan masyarakat dan lingkungan ini berbeda dari tahun sebelumnya. Yang mana, dana itu sebelumnya disalurkan melalui Yayasan Sumur Giwang Roomo, kini disalurkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

"Kebetulan Desa Roomo wilayahnya terdekat sehingga mendapat perhatian dari PT Smelting. Tiap tahun mendapat dana CSR untuk pengembangan masyarakat dan lingkungan senilai Rp 1 miliar," kata Direktur Bisnis dan Pemasaran Tatsuya Inoue, Rabu, 19 Agustus 2020.

Dana CSR itu, lanjut Tatsuya Inoue, telah rutin diberikan sejak 2004 lalu. Dengan sasaran alokasi program pendidikan, kesehatan dan lingkungan. Kali ini dana CSR yang disalurkan senilai Rp571.381.000, sedangkan yang telah disalurkan sebelumnya sejak Januari senilai Rp428.618.000.

"Ini sebagai kontribusi kami untuk ikut menyejahterahkan warga sekitar pabrik, selain kontribusi lainnya ke bangsa Indonesia," katanya.

Dia pun berharap, dana CSR yang disalurkan melalui APBDes ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kemajuan desa dan kesejahteraan warga. Terutama untuk membangun kerukunan antar warga sekitar perusahaan penghasil katoda tembaga ini.

Penyerahan CSR PT Smelting kepada penerima Foto Azharil FarichngopibaregidPenyerahan CSR PT Smelting kepada penerima. (Foto: Azharil Farich/ngopibareg.id)

"Dana CSR ini sempat tertunda karena adanya wabah covid-19. Kita semua prihatin dengan pandemi ini. Akan tetapi kita yakin dengan peran serta semua pihak akan mampu melewati semua ini," katanya.

Ditambahkan, tanpa adanya kerukunan antar semua pihak, maka apa yang menjadi target dan cita-cita Desa Roomo menuju 'Desa Mandiri, Berswadaya dan Maju' tidak akan tercapai. Untuk itu diperlukan dukungan, baik dari pemerintah desa, BPD, dan tokoh masyarakat.

"Kami berharap momen ini memberi solusi terbaik untuk semua pihak. Baik untuk Smelting, Yayasan Sumur Giwang Roomo, Pemdes dan BPD Roomo, serta masyarat semua," katanya.

Wakil Bupati Gresik Moh Qosim yang hadir dalam penyerahan dana CSR mengucapkan, terima kasih atas peran aktif Smelting yang telah memberikan bantuannya. Sehingga beberapa program di Desa Roomo dapat berjalan baik.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Kabupaten Gresik menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar PT Smelting. Semua tahu tempo hari sempat ada gesekan karena persoalan CSR. Tapi sekarang semuanya sudah guyup dan rukun," kata Moh Qosim.

Qosim pun memuji peran serta Smelting yang mampu memberikan berkah kepada masyarakat Gresik. Khususnya bagi warga yang berada di ring satu. Karena sejauh ini mampu menciptakan suasana yang kondusif di tengah-tengah masyarakat.

"Inilah yang diharapkan oleh pemerintah. Karena dalam perusahaan itu ada hak warga terutama yang ada di zona satu. Yang namanya CSR. Dan itu telah dilaksanakan oleh PT Smelting melalui Bapak Mr Inoue," katanya.

Penulis : Azharil Farich

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 23:10 WIB

Resmi, Australia Wajibkan Google dan Facebook Bayar ke Media

Aplikasi

Undang-undang ini menjadi yang pertama di dunia.

25 Feb 2021 22:45 WIB

China Kini Punya Empat Vaksin Covid-19

Internasional

China juga belum mengeluarkan izin untuk vaksin buatan Barat.

25 Feb 2021 22:23 WIB

Kepolisian Awali Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Banyuwangi

Jawa Timur

Targetkan per hari bisa vaksin 100 orang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...