Bagi Lansia, Pemeriksaan Mata Memang Penting

13 Jul 2019 17:02 RS Mata Undaan
RS Mata Undaan

Seiring dengan bertambahnya usia, tentu diiringi oleh fungsi organ tubuh yang semakin melemah. Termasuk mata. Untuk menjaga kesehatan dan semangat hidup sehat, mata pun harus normal sehat pula, bagi para lansia.

dr. Dedik Ipung Setiyawan, Sp.M dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya menuturkan, katarak dan glaukoma menjadi dua penyakit yang sering datang di usia tua.

Lalu sebaiknya pemeriksaan apa yang dilakukan untuk menjaga kesehatan mata di usia lansia?

"Sebaiknya memang usia lanjut sering melakukan screening untuk mata. Seperti, memeriksakan tekanan bola mata, pemeriksaan katarak dan pemeriksaan mata lainnya," ungkap Dedik Ipung Setiyawan dalam acara pemeriksaan mata gratis untuk lansia.

Apalagi, bagi para lansia yang memiliki riwayat penyakit seperti darah tinggi, kecing manis ini juga harus memeriksakan kesehatan matanya, Ucap Dedik Ipung Setiyawa, Sabtu 13 Juli 2019.

"Karena penyakit-penyakit seperti ini berpotensi terjadi komplikasi pada mata. Untuk itu melakukan pemeriksaan adalah cara tepat mencegah dan mengobati sedini mungkin," tambahnya.

Seperti yang dilakukan RSMU pada, Sabtu, 13 Juli 2019 yang memberikan pemeriksaan mata gratis bagi para lansia di peringatan Hari Lansia Nasional yang diselenggarakan BK3S Provinsi Jawa Timur.

RSMU yang terletak di jalan Undaan Kulon 17-19 Surabaya, sudah berdiri sejak 1933 ini. Dapat menjadi rujukan Anda bila ingin memerisakan mata sebagai bentuk pencegahan sedini mungkin.

Penulis : Pita Sari
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini