Pentingnya Periksa Gigi Sebelum Hamil

31 Aug 2019 14:12 Kesehatan

Sangat penting untuk memeriksakan gigi sebelum seorang wanita hamil. Inilah pesan  drg. Lila Muntadir, Sp.Ort spesialis ortodontis dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari Merr (RSIA Merr). 

"Kenapa penting untuk memeriksakan gigi sebelum hamil. Saat hamil hormon seorang wanita akan naik sampai 10 kali lipat, tentunya hal ini akan mempegaruhi kondisi tubuhnya. Bila ada gigi berlubang, karang gigi atau gigi tumbuh miring ini akan sangat terasa sakit ketika hamil karena, perubahan hormon tersebut," kata Lila Muntadir, dalam talkshow kesehatan bertema 'Bahaya Masalah Gigi Untuk Janin dan Ibu Hamil' di Grand City Mall, Sabtu 31 Agustus 2019.

Mungkin kalau tidak sedang hamil, lanjut Lila Muntadir, kondisi gigi berlubang atau karang gigi tidak terasa sakit. Begitu ibu hamil akan terjadi perubahan hormon. Sehingga muncul keluhan sakit gigi.

Selain itu, Lila Muntadir menjelaskan, gigi berlubang atau karang gigi akan berdampak pada keadaan janin di dalam kandungan.

"Gigi berlubang dan karang gigi itu kan sarangnya kuman. Kuman itu ada yang baik dan jahat (patogen), yang patogen ini bisa sampai ke plasenta dengan aliran darah dalam tubuh. Kalau sudah seperti ini tentunya bisa menganggu pertumbuhan janin serta berisiko lahir prematur," jelas Lila.

Bila sudah hamil dan memiliki masalah gigi berlubang atau karang gigi, pesan Lila sebaiknya melakukan perawatan khusus pada dokter gigi. 

"Jadi nanti dokter gigi akan melakukan perawatan supaya gigi berlubang bisa tetap aman dan steril. Dan bila dibutuhkan tindakan bisa dilakukan setelah 9 bulan," ujarnya.

Paling baik memang menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak awal. Rajin memeriksakan gigi sebelum menikah atau sebelum hamil. 

"Lebih baik lagi apabila menjaganya sejak usia remaja. Saat dewasa giginya akan sehat dan tidak ada yang berlubang maupun karang gigi," tutupnya.

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini