Ilustrasi Anatomi Retina. (Foto: Google)

Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Retina Pada Mata Minus

RS Mata Undaan 29 July 2019 21:17 WIB
RS Mata Undaan

Mengalami mata minus sebaiknya Anda rutin melakukan pemeriksaan retina, untuk mengetahui kondisi retina dan mencegah retina terlepas (ablasi retina) . Retina yang terlepas secara tiba-tiba dapat menimbulkan kebutaan.

Hal ini disampaikan oleh dr. Rita Tjandra, Sp.M sub spesialis Vitreoretina dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya, saat ditemui di ruangannya, pada Senin 29 Juli 2019.

"Mata minus memang sebaiknya melakukan pemeriksaan pada retina secara berkala 1 tahun atau 6 bulan sekali," ungkap dokter yang sudah bekerja selama 13 tahun di RSMU.

Pemeriksaan ini untuk melihat apakah retina pada mata masih menempel dengam baik, atau ditemukan kemungkinan akan lepas.

"Kalau ditemukan retina dengan kondisi akan mengelupas akan dilakukan tindakan laser untuk menempelkannya kembali," imbuhnya.

Tapi, bila dinyatakan retina dalam kondisi baik-baik saja tetap harus melakukan pemeriksaan berkala 1 tahun atau 6 bulan sekali.

Lanjutnya, orang dengan mata minus memang berisiko lebih tinggi mengalami pelepasan retina daripada mata normal meski resiko tersebut juga dapat terjadi. 

 

Menurut dr. Rita Tjandra, Sp.M, pemeriksaan retina belum banyak diketahui orang, untuk itu banyak pasien yang datang dengan kondisi sudah tidak bisa melihat akibat retinanya lepas. 

 

Meskipun dapat dilakukan operasi untuk menempelkan retina itu kembali,  Rita Tjandra berpesan mencegah daripada mengobati. 

 

"Bisa dioperasi tapi terkadang hasilnya belum tentu bagus,  tergantung kondisi retinanya juga. Jadi lebih baik mencegah dengan pemeriksaan retina," terangnya. 

 

Bila Anda ingin memeriksakan retina, RS Mata Undaan (RSMU) yang merupakan rumah sakit khusus mata di Surabaya memiliki fasilitas pemeriksaan tersebut dengan tenaga ahli handal di dalamnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Jul 2020 15:58 WIB

Efek Buruk, Asap Rokok Picu Penyakit Katarak

RS Mata Undaan

Efek buruk asap rokok untuk kesehatan mata.

18 Jun 2020 22:32 WIB

Mata Minus Bisa Kembali Setelah Operasi Lasik, Ini Kata Dokter

RS Mata Undaan

Tidak benar bahwa setelah operasi Lasik mata minus muncul lagi.

17 Jun 2020 19:45 WIB

Webinar Series RSMU, Tentang Kondisi Entropion dan Gejalanya

RS Mata Undaan

Webinar Series RSMU, Tentang Kondisi Entropion, Gejala dan Pengobatan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...