Pentingnya Kacamata untuk Cegah Mata Kering

15 Jul 2019 16:07 RS Mata Undaan

Sindroma mata kering merupakan kondisi saat mata tidak mendapatkan pelumasan yang memadai dari air mata. Kondisi ini akan membuat mata tidak bisa secara otomatis menghilangkan debu atau benda asing yang masuk ke mata.

"Hal ini tentu akan membuat mata iritasi karena, kotoran di mata tidak bisa dikeluarkan. Sehingga mata menjadi merah akibat masuknya kuman-kuman tersebut," kata dr. Dedik Ipung Setiyawan, Sp.M dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya.

Lalu apa yang menyebabkan sindroma mata kering? Menurut Dedik, mata kering bisa disebabkan paparan angin yang berlebihan pada mata, berenang serta terlalu lama, atau terpapar AC.

"Terutama pada pengendara motor dan pengendara mobil sering sekali terkena sindroma mata kering karena telalu lama terpapar angin atau AC tanpa pelindung mata," ungkap dokter spesialis mata ini.

Dedik pun menyarakan untuk memakai kacamata atau helm teropong bagi para pengendara motor, pakai kacamata renang itu juga penting untuk melindungi mata saat berenang.

"Kacamata itu sebenarnya penting kalau untuk beraktivitas diluar rumah, gunanya tentunya untuk melindungi mata, agar tidak kemasukan benda asing dan tentunya menghindari paparan angin terlalu lama yang dapat menyebabkan sindroma mata kering," jelasnya.

Sindroma mata kering yang dibiarkan tanpa penangganan yang baik bisa berpotensi menyebabkan iritasi mata atau gangguan serius lainnya pada mata. RSMU yang terletak di Jalan Undaan Kulon 17-19 Surabaya, dapat menjadi rujukan Anda bila ingin memeriksakan mata sebagai bentuk pencegahan sedini mungkin. RSMU sudah berdiri sejak tahun 1933. 

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini