Virus penyebab Covid-19 mampu bertahan hingga 28 hari di kondisi tertentu. (Ilustrasi/Ngopibareng.id)
Virus penyebab Covid-19 mampu bertahan hingga 28 hari di kondisi tertentu. (Ilustrasi/Ngopibareng.id)

Pentingnya Cuci Tangan, Sebab Virus Covid Bertahan 28 Hari

Ngopibareng.id Internasional 13 October 2020 01:30 WIB

Penelitian dari Australia menemukan jika virus penyebab Covid-19 mampu bertahan di sejumlah permukaan, hingga 28 hari. Penelitian itu menyimpulkan cuci tangan sangat penting untuk melawan Covid-19.

Lembaga penelitian CSIRO menyebut jika virus itu mampu bertahan lama terutama jika menempel pada uang, kaca telepon seluler, dan tembaga tak berkarat.

Pada suhu 20 derajat Celsius, virus tetap berbahaya dan mampu menginfeksi hingga 28 hari, jika menempel pada permukaan yang halus. Penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Virology.

Jika dibandingkan, virus influenza mampu bertahan maksimal 17 jam di permukaan benda. "Ini menekankan sangat pentingnya cuci tangan, jika mungkin bersihkan permukaan yang mungkin bersentuhan dengan virus," kata pimpinan peneliti, Shane Riddell.

Percobaan yang dilakukan pada suhu 20, 30, dan 40 derajat Celsius menemukan jika virus mampu bertahan lebih lama di suhu yang lebih dingin, di permukaan yang halus, dan pada kertas dari bank, dibandingkan plastik.

Penelitian menemukan, pada suhu 20 derajat, virus apapun tak bisa dideteksi di baju, setelah 14 hari. Pada 30 derajat, keberadaan virus turun hingga hanya tiga hari di atas katun, dibandingkan jika menempel pada baja dan permukaan halus yang mencapai tujuh hari. Keberadaan virus merosot jauh di suhu 40 derajar.

Seluruh penelitian berlangsung di runag gelap, sebab paparan matahari langsung disebut mampu membunuh virus. "Jadi hasil di dunia nyata bisa jadi akan lebih pendek, dibanding penelitan kami," katanya.

Sementara, Julie Leask, profesor di Sekolah Perawat Susan Wakil di Fakultas Kesehatan Medis Universitas Sydney mengatakan jika penelitian harus dilekatkan pada konteks.

Dia menyebutkan jika penularan virus saat ini lebih banyak terjadi dari kontak dekat dengan penderita Covid-19, "Dibanding tertular dari layar telepon seluler, lima hari setelah melakukan kontak," katanya. (Alj)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Nov 2020 23:37 WIB

LaNyalla Dorong Jatim Jadi Contoh Percepatan Pembangunan

Jawa Timur

PP 80 Tahun 2019 diharapkan dapat meningkatkan ekonomi.

23 Nov 2020 23:05 WIB

Update Covid-19: Pasuruan Laporkan 9 Orang Positif

Jawa Timur

Total ada 1.794 orang di Pasuruan yang positif Covid-19.

23 Nov 2020 22:30 WIB

Ribuan Anak Afghanistan Meninggal, Lembaga Donor Galang Bantuan

Human Interest

Save the Children mengatakan 26 ribu anak meninggal di Afghanistan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...