Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK).

Pensiun Jadi Wapres, JK Berencana Kegiatan Sosial dan Keagamaan

Human Interest 16 October 2019 06:16 WIB

Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla (JK) akan pensiun. Sebab, KH Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai Wapres terpilih mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024. Keduanya akan dilantik pada Minggu, 20 Oktober 2019.

Tinggal empat hari lagi lengser dari jabatannya, JK mengaku kerap mendapat pertanyaan dari awak media terkait rencana kegiatan usai pensiun dari jabatannya.

JK mengatakan ingin istirahat sekitar satu bulan lalu berjalan-jalan. Setelah itu, dia ingin aktif di kegiatan sosial.

"Setelah ini saya ingin istirahat dulu sebulan dua bulan. Mau ke mana dulu, mau jalan-jalan. Kemudian mengurus sosial, ngurus pendidikan, keagamaan," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Selain itu, JK juga mengatakan kemungkinan akan menjadi pembicara di berbagai perguruan tinggi. Pasalnya sudah banyak undangan yang diberikan kepadanya.

"Tentu memberikan mungkin berbicara diperguruan tinggi, saya diundang di mana-mana untuk berbicara," tutur dia.

JK mengungkapkan akan memiliki beberapa kantor usai pensiun sebagai Wapres. Di antaranya di Dewan Masjid Indonesia (DMI), lalu di perusahaannya, dan lainnya. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada awak media yang selalu siaga mengikuti kegiatannya selama lima tahun terakhir.

Menjelang purna tugas, JK mendapatkan gaji pensiunnya secara simbolis langsung dari PT Taspen. Dirut PT Taspen Iqbal Latanro menyerahkan Kartu Taspen Smartcard kepada JK.

Perusahaan Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri, PT Taspen (Persero) memberikan layanan proaktif kepada JK berupa penyerahan manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan pensiun.

Jika Iqbal Latanro enggan mengungkap nilai uang pensiun yang diterima JK, tidak demikian halnya dengan Husain Abdullah yang merupakan Juru Bicara JK.

Melalui akun instagram pribadinya @husainabdullah1, dia menyebut uang pensiun yang diterima JK senilai Rp21 juta per bulan.

"Pak JK dapat pensiunan sbg Wapres 21 jt/bulan," tulisnya.

Namun unggahan itu telah disunting 26 menit yang lalu. "Pak JK dapat pensiunan dari Taspen," demikian unggahan terbarunya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Oct 2019 16:00 WIB

JK Pulang Kampung

Human Interest

Warga sambut mantan Wapres JK dengan tradisi Makassar Angngaru.

20 Oct 2019 05:50 WIB

Diakhir Masa Jabatannya, 6 Rahasia Sosok Jusuf Kalla Terbongkar

Human Interest

Orang terdekat akhirnya membongkar rahasia Jusuf Kalla (JK).

18 Oct 2019 22:36 WIB

Presiden Jokowi : Saya Bangga Punya Wapres Sekaliber Pak JK

Nasional

Silaturahmi di Istana Merdeka ini sekaligus acara perpisahan kabinet kerja.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...