Ilustrasi Pulau Kalimantan.

Pengumuman: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan

Nasional 08 August 2019 14:32 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini tengah menghadiri Kongres V PDI Perjuangan (PDIP) di Hotel Grand Inna Bali Beach, Bali, Kamis 8 Agustus 2019. Jokowi pun menyesuaikan penampilannya dengan mengenakan busana adat lengkap dengan udeng.

Namun saat ngopibareng.id melihat akun media sosialnya, Jokowi rupanya belum mengunggah aktivitas selama menghadiri Kongres V PDIP.

Jokowi justru mengunggah sebuah pengumuman penting terkait bangsa Indonesia, yakni pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Pulau Kalimantan.

"Ibu kota negara kita akan pindah. Letaknya di Pulau Kalimantan. Di mana pastinya, sejauh ini telah mengerucut ke salah satu provinsi: bisa di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan," tulis Jokowi di Instagram, dua jam lalu.

Jokowi juga menegaskan dalam memutuskan pemindahan ibu kota ini, posisi Jokowi bukan sebagai kepala pemerintahan, tetapi sebagai kepala negara. "Kita harus melihat visi besar berbangsa dan bernegara untuk 10 tahun, 50 tahun, 100 tahun yang akan datang," katanya.

Ia juga bilang segala aspek dalam proses pemindahan ibu kota sedang dikaji termasuk skema pembiayaan, desain kelembagaan, payung hukum regulasi mengenai pemindahan ibu kota. Selain itu, pengalaman negara-negara lain dalam pemindahan ibu kota juga dipelajari untuk kita antisipasi hambatannya.

"Sebaliknya, faktor-faktor kunci keberhasilan yang bisa kita adopsi, kita adaptasi," sambungnya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 15:29 WIB

Kongres Luar Biasa, Prabowo Resmi Jadi Ketum Gerindra 2020-2025

Politik

Partai Gerindra menggelar Kongres Luar Biasa (KLB), Sabtu 8 Agustus 2020.

07 Aug 2020 11:32 WIB

Jokowi Cabut Keppres Pemberhentian Anggota KPU Evi Novida

Hukum

Evi Novida telah menenangkan gugatan di PTUN.

05 Aug 2020 22:16 WIB

Karyawan Gaji di Bawah Rp5 Juta dapat Bantuan Pemerintah

Nasional

Alokasi bantuan selama 6 bulan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...