Pengamat Sebut Final Piala Presiden untuk Kepentingan Pemilu

07 Apr 2019 15:03 Liga Indonesia

Pertandingan Final Piala Presiden 2019, dengan format home away dinilai untuk kepentingan sponsor dan pemilu. Karena umumnya dalam sebuah turnamen hanya ada satu tempat di babak penentuan juara.

Pengamat sepak bola Indonesia, Hanafing mengatakan format Final Piala Presiden ini bisa dibilang cukup baru. Sebab di turnamen sebelumnya jarang sekali ada.

"Format turnamen ada dua, final round dan home-away, tapi yang umum dilakukan final hanya ada satu tempat. Kalau yang dilakukan di Piala Presiden home away mungkin ada kepentingan sponsorship atau mungkin lainnya," kata Hanafing saat dihubungi ngopibareng.id, Minggu 7 April 2019.

Di sisi lain, mantan pelatih PraPON Jawa Timur ini bersyukur bahwa ada dua tim asal Jawa Timur yang bisa melaju ke final. Meskipun akan ada tim yang diuntungkan di pertandingan leg pertama.

Berdasarkan hasil semifinal kemarin, yang melaju ke babak final Piala Presiden ini adalah Persebaya melawan Arema FC. Fase penentuan juara ini akan dilakukan pada 9 dan 12 April mendatang.

"Kalau di leg pertama tim tamu tidak bisa mencetak gol maka akan mengalami kesulitan di leg kedua. Jadi ini akan lebih sulit" ujar Hanafing. (hrs)

Reporter/Penulis : Haris Dwi
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini