Sholeh dalam acara deklarasi dirinya maju sebagai Calon Wali Kota Surabaya di Pilkada 2020. (Foto: Alief/ngopibareng.id)
PILKADA SURABAYA 2020

Pengacara Sholeh Deklarasi Maju Cawali Jalur Independen

Surabaya 04 July 2019 17:50 WIB

Pengacara sekaligus politisi Partai Gerindra, Muhammad Sholeh, mendeklarasikan diri siap maju dalam bursa Pilkada Surabaya 2020 sebagai calon wali kota melalui jalur independen.

Sholeh mendeklarasikan diri, Kamis 4 Juli 2019 di salah satu cafe di Taman Bungkul, Surabaya. Menurut Sholeh, keinginan maju di jalur independen ini sudah disimpan sejak lama. Ia bermimpi, Surabaya dipimpin bukan dari orang partai dan tak memiliki 'kawan' di lembaga legislatif. Selain itu juga ia ingin masyarakat memiliki alternatif lain selain orang-orang partai.

"Saya sudah 20 tahun tinggal di Surabaya. Sekarang saya niat serius untuk mengabdi ke kota ini. Haqul yakin untuk maju jadi wali kota," ujarnya.

Ditanya pendampingnya, Sholeh belum bisa menyampaikan siapa calon pendampingnya sebagai calon wakil wali kota. Menurutnya, kini timnya masih menjajaki siapa saja yang berpotensi jadi pendamping.

Sholeh juga mengaku akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan KTP minimal untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah Surabaya jalur independen.

"Mulai hari ini kami start nyicil dapatkan KTP warga kota Surabaya. Karena minimal 140.000 KTP untuk bisa maju jalur independen," katanya.

Diketahui, tahun 2020 Surabaya akan menyelenggarakan pemilihan wali kota dan wakil wali kota guna menggantikan Wali Kota Surabaya kini, Tri Rismaharini, yang masa jabatannya akan habis pada tahun 2021.

Selain nama Sholeh, beberapa politisi senior dan junior diperkirakan akan maju sebagai calon Wali Kota Surabaya, seperti Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana, Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi, Politisi PKB Gus Han, Politisi PSI Dhimas Anugrah, dan Dyah Katarina yang merupakan istri dari mantan Wali Kota Surabaya, Bambang DH.

Hingga saat ini, baru Sholeh yang sudah mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon Wali Kota Surabaya. Para kandidat lainnya masih malu-malu dalam membuka keinginannya maju dalam Pilkada Surabaya 2020. (alf)

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 21:00 WIB

Liga Ditunda, Persebaya Stop Aktivitas Latihan

Liga Indonesia

Tim diliburkan sampai waktu yang belum ditentukan.

29 Sep 2020 16:46 WIB

Liga Ditunda, Dua Sponsor Persik Kediri Batal Merapat

Liga Indonesia

Persik batal bertolak ke Jogjakarta, pada puku; 13.00 WIB hari ini.

29 Sep 2020 16:16 WIB

Izin Tanding Lawan Persija Belum Turun, Arema FC Minta Kejelasan

Liga Indonesia

Belum ada izin dari kepolisian.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...