Penderitaanmu adalah Kebahagiaanku. Lho, Kok?

Ngopibareng.id Humor Sufi 20 March 2018 10:44 WIB

Nasruddin diajak Timur Lenk untuk mengikuti perjalanannya mengunjungi daerah-daerah. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kepatuhan mereka terhadap penguasa lalim itu.

Di suatu hari mereka mengunjungi suatu desa yang pada saat itu terlanda gempa, beberapa rumah ambruk dan menimpa penghuninya sampai mati. Melihat kejadian itu Timur Lenk tertawa terbahak-bahak, lalu katanya “Mengapa kalian biarkan rumah itu menimpa mereka ?”

Di hari lainnya di desa lain, air bah turun menghajar desa yang membuat banyak rumah rusak dan banyak orang yang mati. Bagi Timur Lenk kejadian itu seakan merupakan peristiwa yang lucu dan ia berkata “Mengapa mereka tidak mengalihkan arah air itu ?”
Di tempat selanjutnya, ketika mereka tiba, mereka mendapat laporan bahwa ada sapi mengamuk dan menelan banyak korban jiwa. Mendengar laporan itu Timur Lenk pun tertawa terbahak-bahak, lalu ujarnya “Sapi itu patut menjadi pasukanku!”

Melihat perilaku sang tiran yang rupanya pecinta komedi slapstick, Nasruddin pun tidak tahan. Lalu ia menghadap penguasa dan ucapnya:

“Paduka! Tampaknya kebahagiaan selalu menyertai paduka ke mana pun pergi, dan burung Nasar (burung pemakan bangkai) selalu menyertai paduka ke mana pun paduka pergi. Setiap matahari terbit, selalu ada saja peristiwa yang membuat paduka bahagia. Saya mohon perjalanan paduka tak usah dilanjutkan saja. Saya khawatir bila perjalanan ini diteruskan, warga dan negeri ini bakal hancur.” (adi)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Nov 2020 13:24 WIB

Ohooi..! Soal Lobster Betina, Abu Nawas Bikin Kaget Sang Khalifah

Humor Sufi

Khalifah Harun Al-Rasyid menyimak penjelasan tentang lobster dan lonte

25 Nov 2020 09:27 WIB

Di Atas Langit Masih Ada Langit, Ini Kisah Atlet Tinju Nasional

Humor Sufi

Humor indah meluruhkan suasana tegang

25 Nov 2020 07:41 WIB

Menulis “Let Us Dream“, Paus Fransiskus: Muslim Uighur Menderita

Internasional

Pemerintah China akhirnya lancarkan kritik ke Paus

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...