Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara daring (online) melalui situs https://sscasn.bkn.go.id. (Foto: sscasn.bkn.go.id)
Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara daring (online) melalui situs https://sscasn.bkn.go.id. (Foto: sscasn.bkn.go.id)

Pendaftaran CPNS Resmi Dibuka

Ngopibareng.id Nasional 11 November 2019 09:18 WIB

Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi dibuka, pada Senin 11 November 2019. Warga negara Indonesia yang memenuhi syarat dan berminat bisa melakukan pendaftaran secara daring melalui situs https://sscasn. bkn.go.id.

Pada seleksi CPNS 2019 ini, Pemerintah mengalokasikan 197.111 formasi. Rinciannya, 37.854 formasi pada 68 kementerian/lembaga dan 159.257 formasi pada 462 pemerintah daerah. Ada dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus.

Formasi khusus meliputi cum laude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra putri Papua dan Papua Barat, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada instansi pusat. Formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya.

Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi). Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar pada satu formasi di satu instansi.

Alur pendaftaran

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka website https://sscasn.bkn.go.id. Website ini tersedia mulai hari ini. BKN mengimbau membuat akun dan mendaftar untuk mengikuti seleksi harus menggunakan PC atau laptop. Anda tidak disarankan menggunakan ponsel maupun tablet.

2. Usai membuka website, buatlah akun SSCN 2019. Pembuatan akun harus menyertakan Nomor Induk Kependudukan ( NIK) dan nomor Kartu keluarga (KK). Nomor KK juga bisa diganti dengan NIK Kepala Keluarga.

3. Setelah selesai membuat akun, login lah ke akun baru tersebut dengan menggunakan NIK maupun sandi (password) yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Pastikan password yang Anda masukkan tepat.

4. Setelah itu, Anda diwajibkan mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun sekaligus melengkapi biodata pribadi.

5. Usai melengkapi biodata, pilih jenis formasi dan jabatan yang sesuai dengan background pendidikan Anda. Pastikan Anda melengkapi data.

6. Unggah semua dokumen yang dibutuhkan, seperti ijazah, KK, KTP, dan sebagainya.

7. Cetak kartu pendaftaran. Sebelum mencetak kartu pendaftaran, pastikan Anda mengecek ulang data-data yang Anda masukan. Sebab, setelah di-submit, Anda tidak bisa mengubah data lagi. Proses perbaikan data masih dapat dilakukan selama dalam tahap simpan data.

8. Jangan lupa juga untuk memverifikasi pendaftaran Anda.

9. Tunggu pengumuman

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Nov 2020 14:50 WIB

Dari 7.422 CPNS Pemkot Surabaya, 698 Orang Dinyatakan Lolos

Surabaya

Bagi yang lolos, diharuskan menyelesaikan pemberkasan.

30 Oct 2020 11:37 WIB

Pengumuman CPNS, Trending Twitter Curhat Tak Lolos Seleksi

Nasional

Pengumuman seleksi CPNS di https://sscn.bkn.go.id.

08 Oct 2020 17:06 WIB

SKB Calon PNS Steril dari Paparan Covid-19 Berkat Wajib 3M

Rek, Ojok Angel Tuturane

Tidak ada satu pun dari 10 ribu lebih peserta yang terpapar Covid-19

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...