Relawan Demokrasi Membludak, Begini Fakta di Lamongan

14 Jan 2019 23:10 Politik

Antusiasme masyarakat Lamongan turut menyukseskan Pemilu 2019 cukup tinggi. Terbukti saat hari terakhir pendaftaran relawan demokrasi yang diadakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lamongan jumlah peserta melebihi target yang dibutuhkan.

"Dari yang dibutuhkan sebanyak 55 orang, pendaftar relawan demokrasi mencapai 91 orang," kata anggota KPUD Divisi Paramas dan SDM Fathur Rahman kepada ngopibareng.id, Senin 14 Januari 2019.

Setelah pendaftaran relawan ditutup hari ini, anggota KPUD akan melakukan penelitian administrasi pada besok,Selasa 15 Januari 2019. Baru akan dilakukan tes wawancara pada Rabu 16 Januari dan hasil keputusan akan diumumkan pada Kamis 17 Januari mendatang.

"Yang pasti KPU akan melakukan seleksi ketat untuk mendapatkan relawan demokrasi terbaik," imbuhnya.

Setelah ditetapkan 55 orang relawan demokrasi akan di lakukan bimbingan teknis dan pembuatan program kerja. Para relawan tersebut nantinya akan mengisi 11 segmentasi yang ditetapkan KPUD Lamongan yang meliputi relawan demokrasi.

Selain itu, basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis kebutuhan khusus, basis kaum marjinal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis warga adat dan budaya.

Perekrutan relawan demokrasi ini, lanjutnya, merupakan upaya meningkatkan partisipasi pemilih dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam pelaksanaan Pemilu 2019. (tok)

 

Penulis : Totok Martono
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini