Aksi Cristiano Roaldo dalam laga Juventus vs AC Milan, leg pertama babak semifinal Coppa Italia 2019-2020. (Foto: Twitter Juventus)

Penalti CR7 Selamatkan Bianconeri dari Kekalahan

Liga Italy 14 February 2020 09:54 WIB

AC Milan dan Juventus harus puas bermain imbang dengan skor 1-1 di leg pertama babak semifinal Coppa Italia 2019-2020. Bermain sebagai tuan rumah, Milan sebenarnya banyak memiliki peluang dan berhasil mengungguli Juve. Sayangnya, di pengujung laga tim tamu mendapat hadiah penalti.

Di 10 menit pertama, Milan cukup intens melakukan serangan. Meski begitu, Juve bukan tanpa peluang sama sekali. Pada menit ke-11 Paulo Dybala melayangkan tendangan dari luar kotak penalti, meski kemudian laju bola bisa diblok pemain Milan.

Milan memperoleh peluang cukup bagus untuk mencetak gol di menit ke-28. Pasalnya, Rebic mendapat umpan pendek dari Ibrahimovic dan langsung melancarkan tembakan di dalam kotak penalti. Akan tetapi, tembakan mendatarnya masih terlalu lemah sehingga bisa diamankan Buffon.

Pada menit ke-36 Juve memiliki kesempatan membuka skor melalui Juan Cuadrado. Winger berpaspor Kolombia itu melepaskan tendangan ke arah gawang dari luar kotak penalti. Sayangnya, Gianluigi Donnarumma masih sigap menghentikan si kulit bundar. Pada akhirnya babak pertama usai dengan skor sama kuat 0-0.

Memasuki babak kedua, Milan langsung kembali mengambil inisiatif menyerang. Setelah menerima umpan sundulan dari Ibra, Rebic lekas melakukan sepakan kaki kiri yang mengarah ke gawang Juve. Meski begitu, Buffon dengan sigap menghadangnya dan membuat gawang Juve kembali aman.

Gol yang dinantikan publik San Siro baru tercipta di menit ke-61. Adalah Rebic yang membuat Milan memimpin 1-0. Pemain berpaspor Kroasia itu melepaskan tembakan setelah mendapat umpan silang dari Samu Castillejo. DI arahkan ke pojok kanan gawang, Buffon kali ini tak bisa membendungnya.

Setelah unggul satu gol, Milan justru mendapat petaka lantaran Theo Hernandez harus diusir keluar lapangan pada menit ke-71. Theo mendapatkan kartu kuning keduanya di laga ini setelah melakukan pelanggaran terhadap Dybala.

Meski unggul jumlah pemain, namun Juve baru bisa menyamakan skor di menit ke-90, itu pun melalui titik putih. Davide Calabria melakukan handball di kotak terlarang dan wasit memberikan hadiah tendangan penalti untuk Juve. Cristiano Ronaldo pun membobol gawang Donnarumma dan skor menjadi seimbang 1-1. Keadaan ini bertahan hingga pertandingan berakhir.

Kiper Juve, Gianluigi Buffon memuji Ronaldo yang sukses menyelamatkan Bianconeri dari kekalahan. “Ronaldo luar biasa. Saya akui, salah satu alasan saya kembali ke Juve adalah memiliki kesempatan untuk bermain dan berlatih bersama Ronaldo,” ungkap Buffon dikuti dari Footbal Italia, Jumat 14 Februari 2020.

Susunan Pemain:
AC Milan: Donnarumma, Calabria, Kjaer, Romagnoli, Theo Hernandez, Castillejo, Kessie, Bennacer, Rebic, Calhanoglu, Ibrahimovic.
Cadangan: Begovic, Donnarumma A, Musacchio, Gabbia, Laxalt, Brescianini, Saelemaekers, Maldini, Bonaventura, Paqueta, Rafael Leao.

Juventus: Buffon, De Sciglio, De Ligt, Bonucci, Alex Sandro, Ramsey, Pjanic, Matuidi, Cuadrado, Dybala, Cristiano Ronaldo.
Cadangan: Szczesny, Pinsoglio, Danilo, Rugani, Bentancur, Rabiot, Coccolo, Olivieri, Higuain.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 22:20 WIB

DMI Surabaya Perkenalkan Konsep Masjid Tangguh Semeru, Besok

Surabaya

Konsep Masjid Tangguh Semeru untuk kenyamanan jamaah dalam beribadah

09 Jul 2020 22:10 WIB

Diterpa Isu Miring, PKB Tetap Kokoh Dukung Machfud Arifin

Pilkada

PKB dikabarkan akan lepas dari koalisi besar MA

09 Jul 2020 22:01 WIB

Wapres: Globalisasi Bisa Jadi Peluang Sekaligus Ancaman

Nasional

Jadi ancaman jika tidak mampu bersaing dengan negara lain

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...