Pasar PON di Trenggalek . (Foto: Kementerian PUPR)
Pasar PON di Trenggalek . (Foto: Kementerian PUPR)

Pemulihan Ekonomi, KemenPUPR Serahterimakan 2 Pasar di Jatim

Ngopibareng.id Jawa Timur 24 January 2021 23:00 WIB

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR akan melakukan serahterima dua pasar di Jawa Timur (Jatim) dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi warga.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan dan rehabilitasi pasar dilakukan untuk meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis (tidak kumuh). Sehingga warga akan semakin senang untuk datang dan berbelanja di pasar tradisional.

Ia berharap, infrastruktur pasar yang berkualitas dan lebih baik dapat dirasakan langsung manfaatnya, terutama menjamin distribusi bahan pokok dan turut menggerakan sektor rill atau UMKM yang merata hingga pelosok desa di seluruh Indonesia.

Setelah Pasar Benteng Pancasila di Kabupaten Mojokerto selesai dan diresmikan, Kementerian PUPR saat ini telah menyelesaikan revitalisasi 2 pasar di Provinsi Jawa Timur, yakni Pasar PON di Trenggalek dan Pasar Legi di Ponorogo.

“Percepatan penyelesaian infrastruktur kedua pasar tersebut dilakukan dalam rangka mendukung penyediaan fasilitas untuk memenuhi distribusi kebutuhan pokok, terutama bahan pangan pada masa pandemi Covid-19,” kata Basuki, Minggu 24 Januari 2021 sesuai dengan rilis yang diterima Ngopibareng.id.

Pasar PON mulai dibangun Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya sejak 10 Januari 2020 setelah rusak terbakar pada tahun 2018. Konstruksi bangunan pasar telah selesai 100 persen dan siap diserahkelolakan kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek, untuk menjadi sarana pendorong percepatan pemulihan ekonomi lokal yang terdampak pandemi corona.

Konstruksi Pasar PON dibangun dengan konsep bangunan gedung hijau di atas lahan seluas 12.000 meter persegi dan luas bangunan 5.800 meter persegi, di mana pembangunannya bersumber dari APBN tahun anggaran 2020 sebesar Rp73,8 miliar.

Sedangkan Pasar Legi yang sudah memasuki tahap akhir konstruksi, siap diresmikan atau diserahkelolakan kepada Pemda Ponorogo pada awal Februari 2021. Pasar Legi dibangun dengan anggaran APBN sebesar Rp133,6 miliar sejak 05 Februari 2020.

Dengan selesainya pasar di Jawa Timur tersebut menambah jumlah fasilitas publik selesai dibangun Kementerian PUPR pada Tahun Anggaran (TA) 2020, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Total pembangunan dan rehabilitasi prasarana dan sarana pendidikan, olahraga, dan pasar selesai tahun 2020 sebanyak 463 unit dan akan dilanjutkan pada TA 2021 sebanyak 1.431 unit.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Mar 2021 02:54 WIB

Setiap Zaman Ada Orangnya, Setiap Orang Ada Zamannya

Islam Sehari-hari

Ulasan KH Sujadi atas Tafsir Al-Quran Surat Al-Ashr

04 Mar 2021 02:11 WIB

Bersatu dalam Pembantaian Rohingya, Mengkudeta Suu Kyi

Tokoh

Jenderal Min Aung Hlaing, Sosok di Balik Kudeta Militer Myanmar

03 Mar 2021 23:46 WIB

Pembunuh Pemilik Toko di Blitar Ternyata Tetangga Sendiri

Jawa Timur

Pelaku ternyata tetangga korban.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...