Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat melakukan konferensi pers di Gedung Negara Grahadi. (Foto: Dok Humas)

Hari Ini, Ada 200 WNI dari Malaysia Mudik ke Jatim

Jawa Timur 15 April 2020 05:10 WIB

Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kantor Kesehatan Pelabuhan di Juanda, Rabu, 15 April 2020 siap menyambut 200 orang lebih Warga Negara Indonesia (WNI) asal Provinsi Jawa Timur yang berada di Malaysia baik sebagai pekerja dan pelajar.

Para migran ini akan mudik ke Jawa Timur melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya. Ratusan orang tersebut terbagi menjadi dua kloter, yakni kloter Kuala Lumpur dan kloter Medan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tim medis, bed, dan alat rapid test untuk para WNI tersebut.

Untuk kloter Medan, ada sekitar 78 oang, Mereka sudah mengikuti prosedur observasi dan isolasi selama 14 hari di Medan yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Yang dari Medan sudah jalani test dan observasi. Sekarang mereka mau pulang ke Jawa Timur. Informasi yang kami terima, mereka mendapatkan pelayanan yang baik. Kami menyampaikan terima kasih Pemprov Sumatera Utara sudah memberikan layanan yang baik bagi 78 warga Jawa Timur,” kata Khofifah, Selasa 14 April 2020. 

Sementara, untuk kloter Kuala Lumpur ini WNI yang pulang dari Kuala Lumpur. Mereka terdiri Pekerja Migran Indonesia (PMI), Pelajar, dan Mahasiswa. Mereka juga akan menjalani rapid test setelah tiba di Bandara Juanda. 

Mengenai jumlah untuk kloter Kuala Lumpur, hingga saat ini belum ada kepastian. Karena, hingga saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur belum mendapatkan manifest penumpang yang berangkat dari Kuala Lumpur.

“SOP-nya kita tetap akan menyiapkan rapid test, karena memang lebih banyak yang harus mendapatkan layanan rapid tes. Detail besok sore ya,” kata Khofifah.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Sep 2020 11:40 WIB

Sensasi Minum Jamu dengan Campuran Minuman Kekinian

Coffee & Resto

Kreasi jamu dengan campuran minuman kekinian.

25 Sep 2020 11:28 WIB

Aktor Lian Firman Sukses Tembus Jalur Independen Pilkada Cilegon

Pilkada

Aktor Lian Firman akan bersaing dengan petahana di Pilkada Cilegon.

25 Sep 2020 11:11 WIB

Kemenhub akan Beri Sanksi Tiga Maskapai Penerbangan

Ekonomi dan Bisnis

Tiga maskapai penerbangan nasional akan diberi sanksi Kemenhub.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...