Ketua Tim Gugus Kuratif Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur dr. Joni Wahyuhadi. (Foto: Alief Sambogo/Ngopibareng.id)

Pemprov: Pemkot Surabaya Tak Serius Tangani Pandemi dan PSBB

Surabaya 07 May 2020 22:11 WIB

Pemerintah provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) mengevaluasi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Surabaya Raya, khususnya Kota Surabaya. Pemprov Jatim meminta pertanggungjawaban Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, yang dinilai tidak serius dalam penanganan terkait PSBB Kota Surabaya

Menurut data yang dimiliki oleh Pemprov Jatim, pelaksanaan PSBB selama 8 hari ini belum maksimal di Kota Surabaya. Buktinya, angka kasus Covid-19 terus melambung.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Tim Gugus Kuratif Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur dr. Joni Wahyuhadi, saat melakukan konferensi pers terkait evaluasi PSBB Surabaya Raya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada Kamis 7 Mei 2020.

"PSBB di Kota Surabaya belum maksimal. Kurva di Kota Surabaya naik. Beda dengan Kabupaten Sidoarjo dan Gresik, yang kurvanya menurun. Dengan kondisi seperti ini, saya meminta Pemkot Surabaya untuk lebih serius dan lebih agresif dalam penanganan Covid-19. Utamanya untuk memutus rantai persebaran Covid-19," terang Joni.

Joni mengatakan, sejak dimulainya PSBB Surabaya Raya, Kota Surabaya sudah menyumbangkan 47 persen dari total keseluruhan kasus Covid-19 di Jawa Timur.

Padahal, Kabupaten Sidoarjo hanya menyumbangkan 12 persen kasus. Sedangkan Kabupaten Gresik bahkan hanya menyumbangkan 3 persen kasus.

Selain kasus pasien positif, Kota Surabaya juga memprihatinkan dalam pasien yang masuk status orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP). Sesuai data yang dimiliki Pemprov Jatim, Kota Surabaya sudah ada 2881 ODP dan juga 1461 PDP.

"Pasien yang meninggal dunia juga terus bertambah di Kota Surabaya, saat ini sudah mencapai 78 orang. Kami minta kembali Pemkot Surabaya, untuk lebih serius dalam penanganan covid-19. Utamanya dalam PSBB," pesan Joni.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 09:52 WIB

Itung-itungan Ganti Rugi Juventus Pecat Maurizio Sarri Rp345 M

Liga Champions

Posisi Maurizio Sarri sebagai pelatih Juventus digantikan oleh Andre Pirlo.

09 Aug 2020 09:39 WIB

Film Forbidden Kingdom: Misi Menjaga Tongkat Emas Raja Kera

Film

Misi menjaga tongkat emas di film Forbidden Kingdom.

09 Aug 2020 09:27 WIB

Kemarin, Gilang Fetish Muncul dan PN Surabaya Dilockdown

Surabaya

Berita dari Surabaya kemarin.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...