Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat melakukan konferensi pers di Gedung Negara Grahadi. (Foto: Alief/ngopibareng.id)

Whatsapp Informasi Corona Pemprov Jatim Sediakan Tujuh Fitur

Jawa Timur 03 April 2020 17:56 WIB

Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan layanan chat aplikasi WhatsApp, untuk memberikan informasi tentang penanganan dan zona terdampak Covid-19 di Jawa Timur. Layanan tersebut bisa diakses oleh masyarakat dengan link yang tertera di laman infocovid19.jatimprov.go.id/wacovid19.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, layanan tersebut diluncurkan agar masyarakat lebih mudah untuk berinteraksi dengan Pemprov Jatim, terkait dengan informasi covid-19.

Menurutnya, ada tujuh fitur yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di layanan chat WhatsApp tersebut. Mulai dari tanya jawab seputar Covid-19, tips yang harus dilakukan untuk terhindar covid-19, hingga radar kondisi Covid-19 di wilayah sekitar masyarakat.

"Masyarakat tinggal ketik angka dan emoticon layanan. Selain itu yang unik, masyarakat bisa share location posisi mereka saat ini, dan langsung ada jawabannya, berapa jumlah ODP, PDP, hingga positif covid-19. Sehingga masyarakat bisa lebih waspada dan meningkatkan kesiap siagaan," kata Khofifah.

Khofifah mengatakan, layanan ini dibuat oleh relawan tim relawan penanganan covid-19 Pemprov Jatim, yang berasal dari lini mahasiswa. Layanan ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat tentang covid-19.

Menurutnya, aplikasi dengan WhatsApp ini akan lebih mudah pengoperasiannya untuk masyarakat, ketimbang harus melalui laman resmi Pemprov. Khofifah mengatakan, banyak masyarakat yang lebih senang dengan aplikasi WhatsApp tersebut.

"Relawan dari mahasiswa. Total ada 1862 orang. Nah relawan ini yang mengembangkan aplikasi terbaru ini. Kami bikin seperti ini, agar lebih bisa menjangkau masyarakat lebih luas," katanya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Aug 2020 20:35 WIB

Camat Tambaksari Manfaatkan Pendopo Kantor untuk Sekolah Daring

Surabaya

Fasilitas wifi untuk warga yang mengaku kesulitan saat sekolah daring.

06 Aug 2020 20:24 WIB

Mesum di Taman, Guru TK Digerebek Satpol PP

Jawa Timur

Kasus mesum ini terkuak atas laporan warga.

06 Aug 2020 20:10 WIB

Polresta Malang Fokus Pendisiplinan Masker Selama 2 Minggu

Jawa Timur

Disiplin masker untuk cegah penularan Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...