Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id))

18 Agustus, Jawa Timur Uji Coba Buka Sekolah SMA/SMK

Pendidikan 12 August 2020 21:50 WIB

Pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana menerapkan uji coba kegiatan belajar mengajar untuk jenjang SMA/SMK dengan cara tatap muka mulai 18 Agustus 2020. Rencana ini dibuat setelah ada lampu hijau dari Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) Republik Indonesia, terkait pembelajaran tatap muka pada daerah zona kuning risiko Covid-19.

"Pemprov Jatim akan melakukan uji coba proses belajar mengajar secara langsung di sekolah untuk jenjang SMA dan SMK. Namun, secara selektif atas persetujuan bupati/walikota," ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Selasa 12 Agustus 2020.

Khofifah menjelaskan, tidak semua sekolah akan dibuka dan melangsungkan proses belajar mengajar tatap muka secara langsung. Sekolah yang dibuka pun berdasarkan zonasi wilayah Covid-19 yang bukan zona merah. "Jadi untuk sekolah yang berada di zona kuning akan dibuka 50 persen dari total kursi, sedangkan zona orange 25 persen dari total kursi,” katanya.

Di samping itu, tambah Khofifah, setiap sekolah diminta menyiapkan empat mata pelajaran setiap harinya dengan durasi 45 menit setiap pelajaran. Sehingga, lama pembelajaran tatap muka selama uji coba hanya empat jam pelajaran per hari, tanpa jam istirahat.

Dalam pembukaan sekolah, kata dia, protokol kesehatan menjadi aspek paling penting agar tidak ada penyebaran virus di sekolah. 

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 07:45 WIB

Lapierre Aircode DRS, Upgrade Sepeda Aero Jadi Nyaman dan Laju

Gowes Bareng

Lapierre tidak hanya membuat sepeda lebih aerodinamis, geometri frame juga membuat posisi cyclist jadi lebih aero.

01 Oct 2020 07:36 WIB

Mendadak, Nasrudin Hoja Tak Dikenal

Humor Sufi

Humor sufi mengasah kepekaan diri

01 Oct 2020 07:25 WIB

Beda Nasib Chelsea dengan Duo Manchester di Piala Liga Inggris

Liga Inggris

Chelsea tersingkir dari Piala Liga Inggris, duo Manchester sukses.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...