Pemkot Targetkan Box Culvert Manukan Rampung Sebelum Musim Hujan

13 Jun 2019 14:53 Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko), Eri Cahyadi, menargetkan pemasangan box culvert di daerah Manukan hingga Sememi akan rampung sebelum musim hujan tiba.

Proyek multiyears yang mulai digarap tahun 2019-2020, ditarget selesai sekitar bulan November hingga Desember 2019. Target tersebut menurut Eri agar saat musim hujan, air bisa bisa mengalir sesuai lajurnya.

"Meskipun belum bisa dilewati, setidaknya box culvert sudah dipasang. Biar kalau hujan airnya nggak kemana-mana, jadi bisa mengalir lancar," ujar Eri.

Eri menambahkan, dirinya beserta timnya akan memastikan kepada BMKG Juanda terkait titik air tertinggi saat musim hujan jatuh pada bulan apa.

"Kan teman-teman BMKG yang tahu, kita koordinasi sama mereka. Kalau hujan terderas di bulan sebelum November nanti saya minta pelaksana proyek untuk mempercepat pemasangan box culvert," lanjutnya.

Seperti diketahui, proyek pemasangan box culvert tersebut dimulai pada tahun 2009. Terbentang mulai dari Banyu Urip-Girilaya hingga berakhir di Benowo.

Proyek sepanjang 13,9 kilometer tersebut bernilai 762 miliar rupiah. Dana tersebut berasal dari APBD sebesar 472 miliar dan dari APBN sebesar Rp 290 miliar.

 

"Meski proyek ini memang targetnya 2020, namun kami akan memastikan bisa selesai lebih cepat biar lebih baik. Setidaknya akan sesuai dengan schedule kami," pungkas Eri.

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini