Stadion Gelora Bung Tomo, yang saat ini masih dalam pengerjaan (Foto: Andhi Dwi/Ngopibareng.id)

Pemkot Surabaya Percaya Diri Desember GBT Siap Digunakan

Surabaya 10 July 2020 17:50 WIB

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, saat ini tengah mengupayakan untuk merampungkan proses penggarapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Hal tersebut dilakukan agar Surabaya tetap menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya, Edi Santoso mengatakan, bahwa pihaknya terus melakukan pengerjaan di Stadion GBT. Menurutnya, hal tersebut sama sekali tak terpengaruh pandemi Covid-19.

“Bicara soal progres, perencanaan-perencanaan (penggarapan stadion) di tahun 2020 ini tidak terpengaruh,” kata Edi saat dikonfirmasi, Jumat 10 Juli 2020.

Saat ini, kata Edi, Pemkot Surabaya telah mendatangkan kursi bertipe singel seat, namun hingga sekarang masih tahap pengiriman dari Jakarta. Setelah itu, alat tersebut baru bisa dipasangkan di tribun Stadion GBT.

“Untuk (kursi) singel seat sudah tahap pengecatan, artinya posisi kursi dari pabrik sudah datang di Jakarta, untuk perngiriman ke sini. Untuk ini lebih detailnya tanyakan kontraktornya,“ jelasnya.

“Kenapa sekarang (kursinya) belum dipasang? Itu kan posisi barangnya pabrikan, kalau pabrikan kan tidak disetting di situ (Stadion GBT), pasti di pabrik,” imbuhnya.

Meski begitu, Edi mengungkapkan, bahwa sampai saat ini proses renovasi Stadion GBT masih sesuai jadwal semula. Sebab, semua pemasangan kursi hingga rumput rencananya diselesaikan pada bulan September.

“Ketika kurvanya September, yah datangnya September, kursi terpasang. Intinya kalau September progresnya gak terpasang, maka baru dilihat progresnya berapa persen, itu bisa dibicarakan,” ungkapnya.

Edi mengatakan, jika pada bulan September nanti FIFA dan PSSI akan datang untuk meninjau kesiapan Stadion GBT sebagai salah satu calon tuan rumah Piala Dunia U-20. Dia pun percaya diri dengan progres penggarapannya.

“September (kunjungan FIFA), ya nanti melihat progres, nggak masalah, faktanya jadwal yang disampaikan FIFA ke PSSI nanti dilihat. Surabaya masih terbaik untuk hal renovasi, daerah lain goyah, coba lihat saja,” jelasnya.

Edi menganggap, semua pengerjaan renovasi Stadion GBT bakal rampung sebelum akhir tahun. Dan pada awal Desember nanti, menurut dia semua sektor sudah siap menyambut Piala Dunia U-20.

“Gak sampek akhir tahun, paling nggak Desember, Minggu pertama itu udah harus on (bisa digunakan). Kita super optimal, Surabaya optimis menjadi tuan rumah, menjadi pelayan terbaik dalam segala sektor,” tutupnya.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Aug 2020 23:05 WIB

Dilarang Dangdutan di Kampanye Terbuka Pilkada 2020

Nasional

Peserta Pilkada 2020 terancam didiskualifikasi jika melanggar aturan.

07 Aug 2020 22:45 WIB

Sanchez Sindir MU Setelah Dipermanenkan Inter Milan

Liga Italy

Alexis Sanchez merasa diterima dengan baik sejak awal di Inter

07 Aug 2020 22:25 WIB

Ganjar Lantik Sejumlah Pejabat Secara Virtual

Nusantara

Pelantikan dilakukan di tengah pandemi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...