Pemkot Malang Studi Banding Pendidikan Karakter di Bali

01 Feb 2019 19:40 Jawa Timur

Sebanyak 117 aparatur Dinas Pendidikan Kota Malang dipimpin Wali Kota Malang, Sutiaji menjalin silaturahmi ke Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, Jumat 1 Februari 2019.

Turut hadir pula, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang, Totok Kasianto.

Kunjungan kali ini bertujuan untuk mengetahui tentang Inovasi Pelayanan Pendidikan di Pemkab Badung, Tata Kelola BOS, Penguatan Pendidikan Karakter, Perumusan Kebijakan Teknis Penyelenggara Pendidikan, Pemberian Beasiswa Peserta Didik dan Peserta Didik Tidak Mampu.

Dalam sambutannya, Wali Kota Malang, Sutiaji menjelaskan tentang Future of Malang, yang salah satunya berisi tentang pendidikan karakter. Selain itu, dia mengaku pendidikan karakter di Bali patut dicontoh.

"Karena bukan tekstualnya yang diutamakan, tetapi yang terpenting konseptualnya. Meski di Bali proses akulturasi dengan berbagai negara telah terjadi, namun masyarakat Badung pada khususnya dan Bali pada umumnya, tetap mampu menjaga adat, agama dan tradisinya," kata Sutiaji.

"Kearifan lokal serta ide-ide cerdas dari pak Bupati Badung sangat kami beri apresiasi yang tinggi dan apa yang telah kami dapat tadi mungkin bisa di contoh pada Kabupaten/Kota lainnya tak terkecuali bagi Kota Malang," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta mengucapkan selamat datang kepada rombongan Pemkot Malang. Selanjutnya dia menjelaskan program Pembangunan di Kabupaten Badung dengan prioritas; Pangan, sandang dan papan; Kesehatan; Pendidikan; Adat, agama, tradisi dan Pariwisata.

Kunjungan Pemkot Malang ini diterima Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, S. Sos, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa, SH, M. Si, di Ruang Rapat Kriya Gosan I.

Ikut hadir pada kegiatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Hj. Widayati Sutiaji beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung, Saniasih Giri Prasta yang didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Kabupaten Badung, Rasniati Adi Arnawa dan beberapa pejabat lainnya.

Sebagai informasi, sebelumnya rombongan Pemkot Malang ini juga berkunjung ke Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, sehari sebelumnya pada Kamis, 31 Januari 2019. (umr)

Penulis : Umar Alfa
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini