Pemkot Surabaya telah menguji cepat covid-19 pada 4.250 orang . (Ilustrasi/ngopibareng.id)

Pemkot Surabaya Telah Memeriksa 4.250 orang, dengan 592 Positif

Surabaya 09 May 2020 23:34 WIB

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya M Fikser mengatakan, pihak Pemkot Surabaya akan terus melakukan rapid serta swab tes kepada anggota keluarga dari pasien yang telah terkonfirmasi positif covid.

 “Untuk tes swabnya kota gratiskan, bagi keluarga yang pernah kontak langsung atau berhubungan erat dengan pasien. Biayanya kami ambilkan dari APBD,” kata Fikser, saat berada di Balai Kota Surabaya, Sabtu, 9 Mei 2020.

Perlu diketahui, selain bersumber dari dana APBD, Pemkot Surabaya juga telah menerima bantuan dari beberapa pihak. Yakni seperti 1900 alat rapid dari CSR perusahaan, serta 1900 alat serupa, dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yang diberikan beberapa waktu lalu.

Selain memfasilitasi dalam hal pemeriksaan, Pemkot juga menyebut telah menyediakan 265 kamar hotel untuk dijadikan tempat isolasi diri. Hal tersebut bakal diisi oleh warga migran yang baru pulang dari luar negeri atau luar daerah.

“Kamar ini juga untuk warga yang negatif, tapi keluarganya ada yang positif. Jadi, untuk memisahkan dari keluarganya, kami pindahkan ke hotel dulu, supaya tidak tertular juga,” jelas Fikser.

Sementara itu Fikser mengaku, hingga saat ini di Kota Surabaya sendiri, sudah ada 592 pasien terkonfirmasi. Ia menyebut, data itu merupakan hasil tracing serta pemeriksaan yang dilakukan oleh Pemkot.

 “Hingga saat ini pemerintah kota sudah melakukan rapid test kepada 4.250 orang, hasilnya ada 356 orang yang reaktif dan kami usulkan untuk melakukan tes swab lanjutan,” tutup Fikser.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 23:45 WIB

Vinales Lepas dari Kutukan Pole Position

MotoGP

Vinales meraih pole position dan finis pertama.

20 Sep 2020 23:30 WIB

Bupati Aceh Barat Positif Covid-19, Istri dan Anaknya Negatif

Nasional

Hasil tes swab Bupati Aceh Barat positif Covid-19.

20 Sep 2020 23:15 WIB

Aubameyang Pemain Bergaji Termahal di Liga Inggris

Liga Inggris

Gaji Aubameyang termahal dibanding pemain di Liga Inggris lainnya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...