Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Batu, Muhammad Chori. (Foto: Istimewa)

Pemkot Batu Susun 5 SOP Masa Transisi Menuju New Normal

Jawa Timur 28 May 2020 20:19 WIB

Pemerintah Kota (Pemkot) Batu tengah menyusun 5 Standar Operasional Prosedur (SOP) yang menyangkut sektor usaha, pariwisata sampai penyelenggaraan pemerintahan di masa transisi menuju fase new normal.

"Kami menyiapkan SOP untuk menuju new normal di antaranya, SOP pendidikan dan keagamaan, SOP pariwisata, dunia usaha dan UMKM serta PKL," tutur Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kota Batu, Muhammad Chori pada Kamis, 28 Mei 2020.

Selain itu ada juga SOP pertanian dan peternakan, lalu SOP kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dan BUMD serta pelayanan publik dan transportasi, terakhir ada SOP kesehatan.

Semua SOP tersebut nantinya akan tertuang dalam Peraturan Walikota (Perwali) Batu terkait masa transisi menuju new normal yang nantinya akan disesuaikan dengan peraturan yang dibuat oleh Pemkab Malang dan Pemkot Malang.

"Kami sedang menyiapkan Perwali tentang transisi menuju new normal," jelas Chori.

Khusus bagi pelaku usaha Pemkot Batu menginstruksikan agar menyiapkan beberapa hal dalam penyelenggaraan usahanya.

"Harus menyiapkan prosedur mandiri secara terbuka, menyiapkan faslitas dan kelengkapan untuk mendukung protokol kesehatan dan khusus bagi pelaku usaha besar agar membentuk Gugus Tugas Covid-19 sendiri," jelas Chori.

Pemkot Batu juga mengimbau warganya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan rajin cuci tangan ketika hendak beraktivitas ke luar rumah, meski masa pemberlakuan PSBB Malang Raya usai pada 30 Mei 2020, nanti.

"Apabila kita semua selama tujuh hari mampu mengikuti dan menerapkan ketentuan protokol kesehatan dengan disiplin, maka bisa berlanjut ke fase new normal," ucap Chori.

Namun jika masyarakat tidak patuh menerapkan protokol kesehatan ketika melakukan aktivitas sehari-hari maka tidak menutup kemungkinan PSBB akan kembali diberlakukan di Malang Raya.

"Namun apabila dalam evaluasi selama tujuh hari tidak menunjukkan perubahan signifikan, maka ada dua kemungkinan yang akan dilakukan yaitu kembali ke PSBB atau memperpanjang masa transisi," tutup Chori.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 00:15 WIB

Pasien Pertama Dunia yang Sembuh dari HIV, Meninggal

Internasional

Timothy Ray Brown sembuh dari HIV di tahun 2007.

30 Sep 2020 23:05 WIB

Hobi Memaki, Lima Burung Beo Hilang dari Kebun Binatang

Internasional

Burung beo memaki burung dan pengunjung.

30 Sep 2020 22:45 WIB

Operasi Yustisi di Pasuruan, 53 Warga Terkena Sanksi Denda

Ngopibareng Pasuruan

Sebanyak 53 warga didenda Rp50 ribu perorang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...