Ilustrasi salat Idul Fitri. (Foto: Istimewa)

Pemkab Sidoarjo Belum Pastikan Ada Pelaksanaan Salat Id

Jawa Timur 17 May 2020 14:50 WIB

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sampai saat ini belum memastikan selenggarakan atau tidak ibadah salat Idul Fitri 1441 H. Sebelum mengeluarkan keputusan, Pemkab akan melakukan musyawarah bersama.

“Salat Id nanti kita musyawarah dulu dengan para kiai, dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia), dengan pengurus NU (Nahdlatul Ulama) dan pengurus Muhammadiyah sebelum hari raya kita akan ketemu,” kata Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin ketika ditemui di Balai Desa Brebek, Sidoarjo, 17 Mei 2020 siang.

Hal itu dilakukan karena ada larangan menggelar salat Id berjamaah baik di masjid maupun di lapangan dari Pemerintah Republik Indonesia. Namun, di sisi lain Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengeluarkan izin salat dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Bagi pria yang akrab disapa Cak Nur, sejauh ini dilihat dari Peraturan Gubernur Jatim maupun Peraturan Bupati Sidoarjo, tidak ada penegasan terkait pelarangan salat.

“Jadi tidak tertera jelas. Dalam Perbub kami hanya mengarahkan takmir masjid untuk bijak, ketika daerahnya merah maka harus ditutup,” jelasnya.

Selain itu, saat ini Sidoarjo tengah melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena seluruh wilayahnya sudah menjadi zona merah akibat peningkatan kasus yang cukup signifikan setiap harinya. Sehingga, butuh keputusan bersama terkait pelaksanaan salat Id.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jul 2020 10:59 WIB

AC Milan Panaskan Zona Eropa

Liga Italy

AC Milan masih rawan terlempar karena masih bertemu dua lawan berat

05 Jul 2020 10:45 WIB

Ini 4 Catatan di Balik Sukses Munchen Kawinkan Gelar

Liga Jerman

Munchen sandingkan gelar Bundesliga dengan DFB Pokal

05 Jul 2020 10:35 WIB

19.869 Peserta UTBK Jalani Ujian di Universitas Brawijaya Malang

Pendidikan

Ujian UTBK di Universitas Brawijaya Malang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...