Pemilu Lancar, Gus Mus: Tak Ada yang Harus Menangis

18 Apr 2019 03:23 Khazanah

Turut serta menyampaikan aspirasi dalam pesta demokrasi ditunjukkan KH A Mustofa Bisri. Pada Pemilu serentak Rabu 17 Agustus Pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang ini, mengaku bersyukur menyaksikan gegap gempita masyarakat.

"Alhamdulillãh, pemungutan suara --seperti yang sudah-sudah-- bejalan dengan lancar dan meriah. Warga Indonesia berbondong-bondong ke TPS dengan riang gembira, guyub rukun, seperti keluarga yang sedang berpesta," tutur Gus Mus pada ngopibareng.id, Rabu 17 April 2019.

"Sebelum dan sesudah nyoblos, berfoto-foto bak suasana hari raya. Bila kemarin-kemarin di antara kita seperti terjadi sengketa dan pertengkaran, kiranya itu sekadar perwujudan atau akibat dari semangat besar untuk mendapatkan pemimpin terbaik untuk Indonesia sesuai 'ijtihad' masing-masing," tutur Mustasyar PBNU ini.

Dalam menyaksikan perkembangan diimbau kepada semua pihak untuk tetap menjaga kerukunan. Bahkan, adanya klaim kemenangan dari masing-masing pihak, Gus Mus mengajak agar masyarakat menunggu keputusan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pemilu.

"Kini tinggal menunggu keputusan Tuhan yang Maha Kuasa dan Maha-menentukan melalui penetapan KPU. Apa pun keputusanNya, sebagai bangsa yang beriman, kita akan menerimanya. Tak ada pihak yang perlu berpesta merayakan kemenangan dan tak ada pihak yang harus menangis karena merasa kalah. Karena kemenangan dari awal sudah kita persembahkan kepada Indonesia," kata Gus Mus. (adi)

"Sebelum dan sesudah nyoblos, berfoto-foto bak suasana hari raya. Bila kemarin-kemarin di antara kita seperti terjadi sengketa dan pertengkaran, kiranya itu sekadar perwujudan atau akibat dari semangat besar untuk mendapatkan pemimpin terbaik untuk Indonesia sesuai 'ijtihad' masing-masing," tutur Gus Mus.
Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini