Wakil ketua Fraksi PKB DPRD Kota Surabaya yang juga Direktur Kampanye MA-Mujiaman, Mahfudz. (Foto: Alief Sambogo/Ngopibareng.id)
Wakil ketua Fraksi PKB DPRD Kota Surabaya yang juga Direktur Kampanye MA-Mujiaman, Mahfudz. (Foto: Alief Sambogo/Ngopibareng.id)

Pemilih Koalisi MA Pindah ke Er-Ji, PKB: Hanya Bualan Belaka

Ngopibareng.id Pilkada 04 December 2020 18:15 WIB

Beredar berita yang berasal dari Tim Eri Cahyadi-Armuji, bahwa banyak pemilih partai koalisi Machfud Arifin-Mujiaman yang berpindah haluan dan menjatuhkan pilihan ke Eri-Armuji.

Hal itu langsung dibantah oleh salah satu partai koalisi MA-Mujiaman, PKB. Wakil Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Surabaya Mahfudz mengatakan bahwa rilis dari tim Er-Ji yang berasal dari survei itu hanya penggiringan opini publik yang dilakukan oleh PDI Perjuangan dan Tim Eri Cahyadi-Armuji.

"Apa pun yang dinarasikan PDIP saat ini adalah bagian strategi mereka untuk memecah belah masyarakat Surabaya. Seakan-akan para pemilih partai pendukung Machfud Arifin-Mujiaman menjatuhkan pilihannya ke Er-Ji. Padahal itu tidak benar," kata Mahfudz, Jumat 4 Desember 2020.

Bagi Mahfudz, itulah cara yang selama ini disebut sebagai politik devide et impera. Namun banyak pihak yang menuduh bahwa MA-Mujiaman lah yang melakukan politik pecah belah di Surabaya.

"Ya tau lah bagaimana penggiringan opini oleh mereka. Kita sudah paham betul dengan cara-cara pecah belah mereka," katanya.

Meski begitu menurutnya, apa pun opini publik yang dilakukan oleh Tim Eri Cahyadi-Armuji, tak akan berpengaruh besar terhadap ceruk suara pemilih Machfud Arifin-Mujiaman yang ingin perubahan di Kota Surabaya.

"Masyarakat Kota Surabaya sudah sangat dewasa. Tidak akan terpengaruh oleh narasi-narasi murahan seperti itu," katanya.

Seperti diketahui, dalam survei Indo Survey and Strategy, sebanyak 55,5 persen pendukung Golkar lebih memilih Eri-Armudji ketimbang Machfud Mujiaman. Demikian pula Gerindra 39,13 persen, PKB 38,6 persen, Nasdem 22,2 persen, PKS 21,43 persen, PPP 25 persen, dan Demokrat 28,57 persen merapat ke Eri-Armudji.

Survei Indo Survei and Strategy sendiri memenangkan Eri-Armudji dengan elektabilitas 47,95 persen, mengungguli Machfud-Mujiaman yang hanya mendapatkan nilai 27,73 persen.

Adapun dalam survei Surabaya Survey Center (SSC) yang memenangkan Eri-Armudji dengan elektabilitas 49,9 persen dibanding Machfud Arifin-Mujiaman sebesar 38,1 persen, soliditas partai pendukung Machfud-Mujiaman juga terpecah ke Eri-Armudji. PKB, misalnya, sebanyak 33,3 persen pendukungnya memilih Eri-Armudji. Adapun pendukung Gerindra 28 persen, Golkar 36 persen, Nasdem 33,3 persen, PKS 20 persen, PPP 27 persen, dan PAN 15 persen, serta Demokrat 30 persen melabuhkan pilihan ke Eri-Armudji.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

18 Jan 2021 02:20 WIB

Obesitas Informasi, Soal Vaksin Masyarakat Terpedaya Hoaks

Khazanah

Prof Alimatul Qibtiyah: Era post truth obesitas informasi jadi masalah

18 Jan 2021 01:04 WIB

Kiai Hasan Mimbar, Penerus Perjuangan Diponegoro Berdakwah

Khazanah

Dirikan pesantren, benteng perjungan dakwah di Tulungagung

17 Jan 2021 23:32 WIB

Sepi Agenda Politik, Ketua PDIP Jatim Ajak Sering Silaturahmi

Politik

Agar tetap solid jelang 2024

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...