Pasukan Suriah mengendarai sebuah kendaraan infanteri menuju kota Al-Mohammadiyeh, sebelah timur Damaskus pada 7 Maret 2018. (foto: afp)

Pemerintah Suriah Rebut Setengah Wilayah Ghouta

08 Mar 2018 16:00

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Pasukan Suriah dan aliansinya berhasil merebut kembali setengah dari wilayah yang dikuasai pemberontak di Ghouta Timur sejak mereka melancarkan serangan intensif pada pertengahan Februari, ungkap sebuah kelompok pengawas pada Rabu 7 Maret 2018 kemarin.

"Pasukan rezim menguasai lebih dari 50 persen wilayah Ghouta," kata Rami Abdel Rahman, kepala Observatorium HAM Suriah yang berbasis di Inggris.

Pencapaian simbolis tersebut dapat dilakukan "setelah sejumlah pasukan berhasil merebut kembali Kota Al Ashaari dan Beit Sawa serta area pertanian di pusat dan utara Ghouta Timur," katanya kepada AFP.

Setelah sebagian besar menyerang dari udara - dalam sebuah operasi yang melibatkan pesawat tempur Rusia dan Suriah yang menggunakan bom barel - pasukan propemerintah melancarkan serangan darat.

Pasukan rezim masih belum berhasil merebut dua kota utama Douma dan Hammuriyeh atau daerah pemukiman yang paling padat di pinggiran Kota Damaskus.

Pasukan Suriah dan milisi sekutunya yang mendukung operasi tersebut sejauh ini menghadapi perlawanan terbatas dari kelompok Islamis dan ekstemis yang menguasai Ghouta Timur. (afp/ma)