Ilustrasi ulama sedang mengamati hilal untuk menentukan awal Ramadhan. (Foto: Dokumentasi)
Ilustrasi ulama sedang mengamati hilal untuk menentukan awal Ramadhan. (Foto: Dokumentasi)

Pemerintah masih Tunggu Hasil Sidang Isbath, untuk Tentukan Awal Ramadhan

Ngopibareng.id Nasional 23 March 2018 13:30 WIB

Menteri Agama, Lukman Saifuddin, menyampaikan, penetapan awal Ramadhan 2018 akan tergantung hasil penetapan sidang istbath melibatkan seluruh pimpinan ormas Islam dan Majelis Ulama Indonesia.

"Mudah-mudahan tahun ini kita bersama-sama mengawali puasa pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri," kata dia, di Padang, Jumat.

Menurut dia, pemerintah dalam menetapkan awal Ramadhan mengikuti apa yang menjadi keputusan Majelis Ulama Indonesia dengan dua pendekatan yaitu metode hisab dan rukyah.

Terkait dengan Muhammadiyah yang telah menetapkan 1 Ramadhan 1439 Hijriah bertepatan dengan 17 Mei 2018, dia mengatakan, "Muhammadiyah punya metode sendiri dalam menentukan 1 Ramadhan dengan menggunakan metode hisab yaitu menghitung posisi hilal ada di mana."

Ia mengatakan pemerintah menggunakan dua metode, yaitu hisab dan rukyat.

Sebelumnya Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia, Zainut Saadi, meminta masyarakat menghormati pengumuman dikeluarkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah terkait penetapan 1 Ramadhan 1439 Hijriah

"MUI mengharapkan umat Islam untuk tidak menjadikan hal ini menjadi polemik tapi justru harus dijadikan sebagai proses pendewasaan diri dalam menerima perbedaan pendapat," katanya.

Ia mengatakan MUI juga menghormati Muhammadiyah terkait maklumat itu.

"MUI menghormati keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang sudah mengumumkan penetapan 1 Ramadan 1439 Hijriyah dan 1 Syawal 1439 Hijriah karena sesuai dengan metode ijtihad yang digunakan yaitu melalui pendekatan hisab atau perhitungan bulan," jelasnya. (ant)

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

15 Apr 2020 05:35 WIB

Pandemi Covid-19, Ini Skenario Sidang Isbat Ramadhan 1441H

Khazanah

Hindari kerumunan Kemenag gelar telekonferensi

16 May 2018 07:30 WIB

Mari Menata Hati, Ini Pesan Sambut Ramadhan PBNU

Khazanah

Lembaga Falakiyah PBNU dan hasil sidang itsbat pemerintah, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengikhbarkan (mengabarkan) bahwa 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018.

15 May 2018 15:46 WIB

Malam Ini Depag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadhan

Nasional

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan sidang isbat untuk menetapkan awal memulai puasa Ramadhan 1439 Hijriah akan dilaksanakan Selasa malam ini.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...