Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Dok. Setpres)

Karyawan Gaji di Bawah Rp5 Juta dapat Bantuan Pemerintah

Nasional 05 August 2020 22:16 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk memberikan santunan bagi para pegawai yang bekerja di sektor swasta namun gajinya di bawah Rp5 juta. Tak tanggung-tanggung, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dikabarkan bakal memberikan alokasi santunan tersebut hingga 6 bulan.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan tambahan bantuan seperti voucher makanan hingga sektor pariwisata. Skema ini masuk ke dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, pemberian bantuan langsung tunai bakal dikucurkan sebesar Rp31 triliun, untuk 13 juta pekerja yang bergaji di bawah Rp5 juta.

"Pemerintahan juga berikan bantuan gaji bagi mereka yang berpendapatan di bawah Rp5 juta yang sekarang diidentifikasi. Targetnya diperkirkan bisa mencapai 13 juta pekerja, anggarannya kira-kira Rp31 triliun," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Rabu 5 Agustus 2020.

Menkeu mengatakan, langkah-langkah peningkatan belanja akan ditingkatkan dalam melindungi masyarakat. Adapun, bantuan sosial akan ditambah dan bisa produktif. "Misalnya bansos produktif mendekati Rp30 triliun," jelasnya.

Diharapkan konsumsi masyarakat bisa pulih sehingga daya beli juga terjaga. "Pemerintah juga dorong belanja kementerian dan lembaga secara sektoral agar bisa dorong belanja pemerintah untuk dukung pemulihan ekonomi," tegas Sri Mulyani.

Namun, Sri Mulyani belum menjelaskan kapan janji pemerintah untuk membantu karyawan berpengahsilan kecil itu direalisasikan.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan

Pilpres AS memasuki masa debat calon pilpres. Siapa yang menang?

01 Oct 2020 07:45 WIB

Lapierre Aircode DRS, Upgrade Sepeda Aero Jadi Nyaman dan Laju

Gowes Bareng

Lapierre tidak hanya membuat sepeda lebih aerodinamis, geometri frame juga membuat posisi cyclist jadi lebih aero.

01 Oct 2020 07:36 WIB

Mendadak, Nasrudin Hoja Tak Dikenal

Humor Sufi

Humor sufi mengasah kepekaan diri

Terbaru

Lihat semua
01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...