Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Polda Jatim Tunda Pemeriksaan Artis Terkait Kasus Carding

Kriminalitas 09 March 2020 14:45 WIB

Pemeriksaan terhadap artis ibu kota, Boy William dan Jessica Iskandar, dalam pengembangan kasus carding atau pembobolan kartu kredit resmi ditunda.

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Timur, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan mengatakan, penundaan itu dikarenakan kedua artis yang mengajukan permohonan.

"Pekan ini gak ada pemanggilan artis, alasannya minta penundaan karena yang bersangkutan masih di luar negeri," kata Gidion, Senin 9 Maret 2020.

Diketahui, kedua artis ini dipanggil oleh penyidik Subdit V Cyber Ditreskrimsus Polda Jatim sebagai saksi setelah diketahui memberikan jasa endorse kepada penyedia jasa travel melalui Instagram @tiketkekinian berdasarkan keterangan tersangka dan barang bukti hasil patroli cyber.

Namun, belum diketahui apakah artis tersebut tahu praktik ilegal access yang dilakukan oleh pengelola atau tidak. Sebab, diketahui untuk menjalankan operasional bisnisnya tersangka membobol kartu kredit milik warga Jepang. Uang yang dicuri juga digunakan untuk membayar jasa para artis.

Dari hasil pengembangan, diketahui Boy William mendapat reward tertinggi berupa tiket pulang pergi Jakarta-Paris sebesar Rp75 juta. Sedangkan Jessica Iskandar mendapat tiket Jakarta-Bali dengan nilai Rp2 juta.

Dalam kasus ini, Polda Jatim telah mengamankan empat tersangka di antaranya Sergio Chondro, Farhan Darmawan, Mari Dela dan Meliana Kurniawan.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 23:15 WIB

Tol Manado-Bitung Diresmikan, Sulut Akan Berkembang Cepat

Nasional

Peresmian dilakukan secara virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehata.

29 Sep 2020 22:58 WIB

Viral, Musala di Tangerang Dirusak Al Quran Dicoret

Reportase

Coretan berisi kallimat ujaran kebencian.

29 Sep 2020 22:30 WIB

Disambati Petani, Calon Bupati Kediri Janjikan BPJS

Pilkada

Cabup Kediri disambati harga sayur anjlok di masa pandemi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...