Pemeran Chewbacca di Star Wars Tutup Usia

03 May 2019 10:00 Film

Pengagum film Star Wars di seluruh dunia berduka. Peter Mayhew yang memainkan peran Chewbacca meninggal dunia. Peter Meyhew meninggal dunia pada 30 April 2019. Namun pihak keluarga baru mengumumkan informasi ini hari ini, Jumat 3 Mei 2019.

Pihak keluarga menuliskan kalimat ini di postingan Twitter milik Peter Mayhew, @TheWookieeRoars. "Keluarga Peter Mayhew, dengan cinta dan kesedihan yang mendalam, menyesal berbagi berita, Peter Meyhew telah meninggal dunia. Dia meninggalkan kami pada 30 April 2019 malam hari bersama keluarganya di sisinya di rumahnya di Texas Utara."

Postingan ini kemudian viral dan banyak ucapan belasungkawa ditujukan untuk aktor yang wafat di usia 74 tahun tersebut. Hastag atau tanda pagar (tagar) #RipPeterMayhew #RIPChewbacca pun menggema di media sosial.

Layanan mengenang Peter Mayhew diadakan oleh pihak keluarga untuk orang-orang terdekat pada 29 Juni, sedangkan peringatan untuk penggemar akan mengambil tempat di Los Angeles pada awal Desember di EmpireCon. Mayhew meninggalkan istri bernama Angie, dan tiga orang anak.

Momen itu bertepatan dengan peluncuran seri terbaru Star Wars pada Desember 2019. Episode IX dari seri terbaru Star Wars itu berjudul The Rise of Skywalker.

Terkait dengan alasan kematian Peter Mayhew, pihak keluarga tidak menjelaskan hal tersebut. Namun, kondisi terakhir, ia mengalami masalah kesehatan hingga dia harus beraktivitas di atas kursi roda.

Dikutip dari Inquisitr, Peter Meyhew wafat karena penyakit jantung. Hal ini juga yang membuat dirinya pensiun dari Star Wars. Laporan dari TMZ juga mencatat, Peter Meyhew meninggal karena penyakit jantung. Sedangkan Buzzfeed melaporkan dalam berita kematiannya, Peter Meyhew terganggu dengan masalah mobilitas dan telah menjalani operasi tulang belakang tahun lalu.

Pada tahun-tahun terakhirnya, Peter Mayhew mengalami sejumlah kondisi menyakitkan. Dia harus duduk di kursi roda mulai 2011 dan dua tahun kemudian menjalani operasi penggantian lutut ganda. Peter Mayhew kemudian dapat berjalan dengan bantuan tongkat yang berbentuk seperti pedang cahaya atau lightsaber, senjata khas di seri Star Wars.

Kondisi Peter Mayhew sempat dikabarkan membaik. Ia pun kembali berperan sebagai Chewbacca di dalam serial film Star Wars: The Force Awakens, tetapi harus pensiun sesudahnya.

Peter Meyhew lalu menjadi mentor untuk Joonas Suotamo, seorang bintang basket 'Finish' yang mengambil alih peran Chewbacca di The Last Jedi. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini