Timnas Prancis pemenang Piala Dunia 2018, banyak dihuni pemain berdarah Afrika. (foto: dok. afp)
Timnas Prancis pemenang Piala Dunia 2018, banyak dihuni pemain berdarah Afrika. (foto: dok. afp)

Pemenang Piala Dunia adalah Afrika, Bukan Prancis!

Ngopibareng.id Internasional 18 July 2018 12:40 WIB

Presiden Venezuela Nicolas Maduro percaya bahwa bukan Prancis yang menjadi pemenang sesungguhnya Piala Dunia 2018 di Rusia, melainkan Afrika, katanya hari Selasa 17 Juli kemarin.

Prancis mengalahkan Kroasia 4-2 di final yang digelar pada Minggu di Moskow, tetapi dengan tim yang menampilkan sejumlah pemain yang merupakan keturunan Afrika.

“Tim Prancis tampaknya seperti tim Afrika, pada kenyataannya Afrika menang, imigran Afrika yang datang di Prancis,” ujar Maduro dalam sebuah acara yang digelar untuk merayakan hari polisi di Venezuela pada Senin.

“Mereka sangat membenci Afrika, tetapi di pertandingan sepak bola Piala Dunia Prancis memenangkan trofi berkat pemain Afrika atau putra-putra Afrika,” katanya

 

Presiden Venezuela Nicolas Maduro yang menyebut  pemenang sesungguhnya Piala Dunia 2018 di Rusia adalah Afrika foto afpPresiden Venezuela Nicolas Maduro, yang menyebut pemenang sesungguhnya Piala Dunia 2018 di Rusia adalah Afrika. (foto: afp)

Dua dari pencetak gol Prancis dalam laga melawan Kroasia adalah keturunan Afrika: Orang tua Paul Pogba berasal dari Guinea sementara orang tua Kylian Mbappe adalah orang Kamerun dan Aljazair.

Dari para pemain yang mulai bermain di final, Samuel Umtiti lahir di Kamerun, orang tua Blaise Matuidi adalah orang Angola dan Kongo, orang tua N’Golo Kante adalah warga Mali sementara ayah Raphael Varane berasal dari pulau Karibia, Martinique.

"Jadi sebenarnya tim yang memenangi Piala Dunia di Rusia yang lalu adalah tim dari Afrika, bukan tim Prancis," kata Nicolas Maduro. (kn/wy/rr)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Mar 2021 10:09 WIB

Tiga Tahun Penjara bagi Nicolas Sarkozy, Mantan Presiden Prancis

Internasional

Vonis pengadilan atas kasus tindak korupsi

24 Feb 2021 09:48 WIB

Fakta Historis yang Menggelikan, Tawanan Perang Kabur

Humor Sufi

Belajar sejarah melalui humor

21 Feb 2021 22:45 WIB

Kunjungan Wisatawan Membeludak, Prancis Malah Lockdown Seminggu

Internasional

Untuk menekan kasus Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...