Royal Wedding Pemberkatan Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

19 May 2018 18:58 Internasional

Ratusan juta mata di seluruh dunia mengarah ke Inggris. Pemberkatan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang dihadiri 600 undangan itu berlangsung pukul 12.00 siang hari waktu setempat di Kapel St George, Kastil Windsor, sekitar 40km di arah barat London.

17.22

Meghan Berangkat dari Hotel ke Kapel St George, Kastil Windsor

Calon mempelai wanita keluar dari hotel tempatnya menginap. Meghan tampak mengenakan gaun pernikahan di dalam mobil Rolls Royce Phantom Generasi ke-4 yang ditumpangi.

Meghan tampak ditemani oleh sang ibunda keluar dari Hotel Cliveden House. Ia tampil cantik dengan gaun pernikahan berwarna putih.

Meghan tampak tak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Saat mengobrol dengan sang ibunda, ia tampak tersenyum bahagia.

17.36

Pangeran Harry Berjalan Kaki dengan kakaknya, Pangeran William

Pangeran Harry datang bersama Pangeran William ke Kapel St. George, Kastel Windsor sementara Meghan Markle masih dalam perjalanan. Mereka berbusana sama, hanya William ada aksen khusus di busananya. Harry tampak tegang. Ia terlihat tidak mencukur berewoknya.

Setelah turun dari mobil dan berjalan menuju kapel, Harry dan William tampak menyalami penjaga dan melambaikan tangan pada penggemar yang menantinya dengan riuh.

Pangeran Harry membuka kerudung yang menutupi wajah sang istri Meghan Markle foto reuters
Pangeran Harry membuka kerudung yang menutupi wajah sang istri, Meghan Markle. foto: reuters.

18.00

Meghan Markle Tiba di Kapel St George, Kastil Windsor 

Meghan menjadi orang yang terakhir tiba di Kastil Windsor. Sebelummya, seluruh anggota kerajaan, termasuk Ratu Elizabeth tiba terlebih dulu.

Saat turun dari mobil, Meghan dibantu oleh beberapa orang pendamping. Gaunnya berwarna putih bergaya sabrina yang tampak simpel.

Pangeran George, Putri Charlotte, dan beberapa anak lainnya tampak berjalan di belakang Meghan. Mereka mengiringi Meghan sambil membawa bunga.

Setibanya di Kapel St. George, Meghan Markle langsung didampingi oleh ayah mertuanya, Pangeran Charles. Keduanya pun mulai berjalan memasuki altar.

Ayah Meghan, Thomas Markle yang seharusnya mengantarkannya ke altar batal karena drama dan kasus paparazi. Pangeran Charles lah yang akan mengantar Meghan ke altar.

18.13

Pangeran Harry dan Meghan Markle Bergandengan Tangan di Altar

Meghan tampak tersenyum pada Pangeran Harry yang telah menanti di altar. Keduanya saling menyapa saat bertemu satu sama lain.

Prosesi pemberkatan di Kapel St. George dimulai. Meghan dan Pangeran Harry kini berdiri di altar berdua menghadap Pendeta David Conner. Sembari ‘diceramahi,’ keduanya bergandengan tangan.

Pendeta kemudian bertanya apakah ada yang keberatan dengan menikahnya mereka, dan jawabannya hening. Ia juga bertanya apakah Pangeran Harry maupun keberatan.

Itu dilanjutkan, “Harry akankah kau menerima Meghan sebagai istrimu?” Ia menjawab langsung, “I will.”

Saat pertanyaan itu diajukan ke Meghan, ia pun langsung menjawab, “I will.”

18.30

Janji Suci

Usai menerima pemberkatan, Pangeran Harry dan Meghan lantas menyematkan cincin di jari pasangan masing-masing.

Setelahnya Pangeran Harry berucap, “Meghan, aku memberimu cincin ini sebagai simbol pernikahan kita. Dengan tubuhku aku menghormatimu, jiwa ragaku kuberikan padamu, dan seluruh hal yang kupunya akan kubagi bersamamu, dalam kasih Tuhan, Bapak, Putra dan Roh Kudus.”

Hal serupa lantas diucapkan Meghan. Dan, keduanya pun resmi sebagai pasangan suami istri.

Seperti diketahui, pemberkatan pernikahan ini berlangsung di Indonesia pukul 18.00 WIB. Sementara di Sydney, Australia, pada pukul 21.00 malam waktu setempat, sedang di ibu kota Amerika Serikat, Washington, jam 07.00 pagi.

Namun di Hawaii, orang-orang yang ingin menyaksikan pernikahan itu sudah harus bangun pukul 01.00 subuh. (*)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini