Pihak Istana Negara sibuk membagi jatah posisi liputan awak media jelang pelantikan menteri baru. (Foto: Asmanu/ngopibareng.id)

Pembagian Lokasi Liputan Jelang Pelantikan Menteri

Nasional 23 October 2019 08:53 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memanggil calon menteri ke Istana Negara, Jakarta Pusat, pagi ini, Rabu 23 Oktober 2019.

Teknis petemuannya hampir sama seperti tahapan seleksi sebelumnya, yakni para tokoh datang ke Istana Negara dan bertemu Presiden Jokowi.

Bedanya, busana yang dikenakan pada hari ini bernuansa batik. Sedangkan sebelumnya, para tokoh ini mengenakan kemeja putih, ciri khas 'baju dinas' sang presiden.

Para calon menteri ini sudah melewati tahapan seleksi dalam dua hari terakhir, Senin-Selasa, 21-22 Oktober.

Sebelum menginjak acara pelantikan, para menteri akan diperkenalkan di anak tangga beranda Istana Merdeka, pukul 08.30 WIB.

Sedangkan pelantikannya sendiri akan dimulai tepat pukul 10.30 WIB, sesuai undangan dari Kementerian Sekretariat Negara RI Sekretariat Presiden atas nama Kepala Sekretariat Presiden. Acara ini akan diikuti pejabat menteri dan jajarannya serta tamu undangan lainnya.

Kamerawan dan fotografer mendapat tanda A lokasi liputan bebas di area pelantikan meteri baru di Istana Negara Jakarta Pusat Rabu 23 Oktober 2019 Foto AsmanungopibarengidKamerawan dan fotografer mendapat tanda A, lokasi liputan bebas di area pelantikan meteri baru di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 23 Oktober 2019. (Foto: Asmanu/ngopibareng.id)

Mengingat banyaknya media yang meliput pelantikan menteri, pihak Istana Negara harus membagi lokasi peliputan. Area liputan dibagi menjadi tiga, yakni A, B, dan C.

Wartawan yang mendapat tanda A boleh bergerak ke seluruh area. Tanda B di lapangan belakang Istana Merdeka. Sedang ngopibareng.id, kebagian tanda C artinya lokasi peliputan tepat di tempat pelantikan para menteri berlangsung.

Sementara itu, keluarga menteri yang akan dilantik mendapatkan tempat dalam tenda di sisi kiri depan halaman Istana Negara. Para calon menteri mendapatkan jatah didampingi oleh istri saja.

Di area lokasi pelantikan yang akan diliput sebanyak 100 kamera dari media elektronik dan cetak berdiri panggung yang terbuat dari truk tronton yang panjangnya sekitar 12 meter.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 May 2020 13:30 WIB

Proyek Strategis Jangan Kalah dengan Covid-19

Nasional

Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk pemulihan ekonomi dampak Covid-19.

28 May 2020 19:58 WIB

New Normal harus Mampu Dongkrak Sektor Pariwisata

Nasional

Sambut New Normal, tugas baru untuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

28 May 2020 10:45 WIB

Pemerintahkan Siapkan Rp 34 Triliun Relaksasi Petani dan Nelayan

Nasional

Pemerintahkan siapkan dana Rp 34 triliun relaksasi petani dan nelayan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.